Header Ads


 

Peresmian Tugu Pdt. Dj.Wismar Saragih Sebagai Pendeta Pertama GKPS


SIMALUNGUN - Acara Pelaksanaan, Prosesi Peresmian Tugu Monumen Dj. Wismar Saragih, Salah Satu Pendiri Sekaligus Seorang Pendeta Pertama GKPS dari Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Diresmikan Jumat (01/09/2023) sekira pukul 09:30 WIB.


Dalam penyebaran keyakinan, DJ Wismar Saragih yang begitu gigih sehingga Yayasan Dj. Wismar  yang di kelola CSt.Ir Janto Dearmando Saragih  yang merupakan salah satu Cucu (Pahopu-Simalungun redd ) Alamarhum  J .Wismar Saragih.


Melalui Yayasan J. Wismar  yang dipimpinnya itu serta mendapat dukungan dari seluruh anggota keluarga. Kesepakatan kesepakatan keluarga besar J.Wismar hingga Tugu Monumen J. Wismar Saragih yang merupakan Pendiri GKPS Serta  Pendeta sekaligus  Salah satu pengurus Ephorus pertama yang merupaka putra daerah yang menjadi  kebanggaan warga dan  Pemerintah  Kabupaten Simalungun. 


Pengerjaan Monumen J. Wismar Saragih  pun rampung dikerjakan yang terletak persis, dimuka kawasan Makam J.Wimar Saragih. Yang diberi gelar oleh Masyarakat Setempat dan juga Partuah Maujana sebagai  Tokoh  Rohaniawan dan Pelopor Kebangunan dan juga sebagai Tokoh  Budayawan.  


Hadir dalam prosesi Peresmian tugu Monumen J.Wismar Saragih dimaksud, Rudolf Valentino  Saragih. SE.Ak.C.A.MH. Salah satu Calon Legislatif (DPR RI ) dapil Sumut III dari Partai PDI Perjuangan. 


Dalam Kata Sambutannya menyampaikan pihaknya mengucapkan selamat dan sukses atas Peresmian Monumen Pdt J. Wismar Saragih selain itu juga dirinya memberikan bantuan sebesar 12 juta Rupiah sebagai bukti dukungan kecintaannya pada Tokoh Rohaniawan tersebut.  


Bantu menambahi sebagai Biaya pembangunan Tugu tersebut walau tidak besar menurutnya  namun hal itu merupakan dukungan dan semoga dapat bermanfaat. Ujar Rudolf Valentino Saragih.


Tampak tugu yang baru saja diresmikan itu Monumen  J.Wismar Saragih tampak  berdiri tegak dipinggir Ruas jalan Siantar Seribudolok Kelurahan Pamatang Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun. 


Dalam Prosesi Peresmian Monumen atau Tugu J Wismar Saragih, dimaksud yang bertujuan  sebagai pengingat bahwa, putra Daerah Simalungun yakni Pdt J.Wismar menerima gelar sebagai Pelopor Kebangunan Simalungun pada 1968


Salah seorang Tokoh Pemuda Raya, Jon Dalton Saragih menyampaikan pada awak media ini terkait J.Wismar Saragih Tokoh Pundamental, yang mana Sebuah pemikirannya yang jauh ke depan disaat situasi serba kekurangan dengan keterbatasan dikala itu. Ucap Tokoh Pemuda Raya. 


Selain itu juga Jon Dalton Saragih menambahkan Kekagumannya pada , Tokoh  yang satu ini, yang mana J.Wismar Saragih ,  mampuh berpikir jauh kedepan khususnya dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan terutama pada generasi  muda kedepan ucapnya lagi. 


Bahkan selain budayawan J Wismar pun sebagai Tokoh Pendidikan serta Kerohanian. Bahkan diingat J Dalton tokoh yang satu ini juga bahkan memiliki sebagai  Moto Hidupnya yakni Sipar Hutang Do Au Hal itu pun agar selalu diingat oleh para  generasi muda kedepan, J.Wusmar Saragih yang menobatkan dirinya melalui moto hidupnya dengan menyematkan bahwa dirinya sebagai Siparhutang Do Au Bani Simalungun, yang artinya Aku Adalah Orang Yang Berhutang Pada Kemajuan  Simalungun.  


Sementara  Masyarakat Kabupaten Simalungun, khususnya Warga masyarakat diwilayah  Kecamatan Raya, yang mengetahui bahwa J. Wismar Saragih adalah orang yang telah berbuat banyak untuk Kemajuan Simalungun itu sendiri. Pungkas Jon Dalton. 


DANI.R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar