Header Ads


 

Hadiri Penutupan Harungguan Bolon LPA Simalungun, Bupati : Lembaga ini harus menjadi kepentingan banyak orang


SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH menghadiri  penutupan  Harungguan Bolon Lembaga Pemangku Adat (LPA) Simalungun, di Siantar Hotel  Pematang siantar,  Sabtu  (13/8/2022)


Dalam arahannya, Bupati  menyampaikan selamat dan sukses  kepada ketua terpilih  Jan Toguh Damanik. Diharapkan

Kehadiran lembaga ini dapat menjadi lembaga yang benar benar bekerja untuk melestarikan  dan menjaga adat serta budaya Simalungun.


"Lembaga  ini harus menjadi kepetingan  banyak orang khususnya  orang Simalungun,   bukan menjadi kepentingan pribadi. Dan saya tegaskan bawah  saya tidak akan menjadikan lembaga  ini menjadi alat politik saya,"ucap Bupati.


Disamping itu, Bupati juga berharap agar lembaga ini dapat  menjadi mitra kerja yang selalu memberikan saran dan kritik yang  konstruktif  kepada pemerintah  dalam menjalankan roda pemerintahan.


"Bagaimana lembaga ini ikut serta juga dalam pembangunan  di Simalungun, karena yang kita tau bahwa Simalungun  memiliki  infrastruktur  yang sangat memprihatinkan,"kata Bupati.


'Kita merupakan bangsa yang hebat dan bisa di ajak bekerja sama (marharoan bolon) atau gotong  royong, terbukti  di seratus hari kepemimpinan kami , kita mendapatkan rekor muri dengan swadaya kelola masyarakat  dalam perbaikan jalan sepanjang 315 Km walaupun  hanya sekedar layak jalan,"ujar Bupati menambahkan.


Selanjutnya, Bupati juga sangat mengapresiasi atas terbentuknya  LPA ini, dengan menyatukan semua tokoh ahli waris Harajaon Nagur, Siantar, Tanah Jawa, Dolok Silau, Raya, Purba, Panei, dan Silimahuta.


"Banyak proses panjang di lakukan agar lembaga ini terbentuk, dengan cita cita mempersatukan  bangsa Simalungun  dan menjaga serta melestarikan adat budaya Simalungun,"kata Bupati.


Bupati meminta kepada LPA agar bekerjasama dengan Pemkab Simalungun melakukan pembinaan kepada masyarakat  agar adat dan budaya Simalungun tetap lestari di tengah tengah masyarakat. 


"Kami juga  berharap kepada  ketua terpilih  untuk  tetap merangkul semua elemen masyarakat, agar kita bisa bekerja dengan baik. Karena dalam kehidupan kita sehari-hari tidak terlepas dari tatanan adat budaya, busana, yang merupakan jati diri kita bangsa Simalungun, dan kita tetap menghargai perbedaan  yang ada, karena Simalungun ini adalah miniatur dari Indonesia,"sebut Bupati. 


Sebelumnya, Bupati Simalungun sebagai Ketua Dewan Majelis Permusyawaratan Partongah mengukuhkan Jan Toguh Damanik sebagai Ketua LPA Simalungun terpilih masa bakti 2022 - 2027. 


Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi ahli waris Harajaon Marpitu, Ketua LPA Simalungun terpilih  Jan Toguh Damanik, Ketua Pelaksana Harungguan Bolon LPA Simalungun  Hermanto  Sipayung, Ketua Dewan Adat Simalungun Japaten purba, Irjen Pol (Purn) M Wagner Damanik, H. Syahmidun Saragih melakukan penutupan dengan di pukulan Gong sebagai tanda ditutupnya Harungguan Bolon Lembaga Pemangku Adat (LPA) Simalungun.


Pres rilis/Caisar Manalu.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar