Header Ads

 

Perkumpulan Marsadariah Saragih Dasalak Raya Kedatangan Tamu Saragih Dasalak Dari Tebing


SIMALUNGUN -  Rumah adat Saragi Dasalak yang akrab disebut  Rumah Bolon,  yang berada diwilayah Hapoltakan Kelurahan Sondiraya, ramai dikunjungi ratusan warga Saragih Dasalak yang datang dari daerah Kabupaten Tebing. Minggu 19/10/2021) sekira pukul 01:30 WIB



Rumah Adat persis berada dibelakang Bangunan Rumah Dinas Bupati Simalungun itu kedatangan tamu yakni rombongan Saragih Dasalak dari daerah Tebing Tinggi yang dikomandoi Tengku Emil yang sengaja datang dari Kabupaten Tebing Tinggi untuk memenuhi undangan para Pengurus Saragih Dasalak yang berada diwilayah Kecamatan Raya sekaligus melakukan tradisi Ziarah Kubur ke makam Opung sebagai para Leluhur Saragih Dasalak. 


Tradisi Ziara dimaksud yang dinamakan Demban Pasing atau Sipaha Sapuluh yang dilaksanakan pada sejumlah makam leluhur Saragih Dasalak yang berada di kawasan Komplek Rumah Adat (Sopo Rumah Bolon)  diantaranya Makam Opung Tuan Johalam Saragih Dasalak, dan L Nurmainim Saragih Dasalak. 


Satu persatu pengurus Perkumpulan Saragih Dasalak, dari kedua belah pihak  yakni Ketua Pengurus Pekumpulan Saragih  Dasalak Kecamatan  Raya Kabupaten Simalungun  Horas Aman Saragih Dasalak mengucapkan Selamat datang pada para Tamu berserta rombongan yang merupakan satu kesatauan Keluarga Saragih Dasalak  dari Kabupaten Tebing Tinggi.


Begitu juga Pengurus perkumpulan Saragih dasalak yang diberinama Zuriat  Saragih Dasalak yang  di Ketuai Tengku Emil sebagai Ketua Zuriat Saragih Dasalak dari Kabupaten Tebing Tinggi Sumatera Utara. 


Tengku Emil pun kemudian mendapat dukungan dari sejumlah Zuriat atau Anggota perkumpulan Saragih Dasalak dari raya Kabupaten Simalungun, agar Tengkul Emil bisa segera dapat dinobatkan sebagai Raja Muda Saragih Dasalak dari Tebing Tinggi. 


Selain pertemuan rutin dan Ziarah Kubur atau yang akrab disebut masyarakat Simalungun disebut  Demban Pasing atau Sipaha Sapuluh. Sekaligus Para Zuriat untuk bersilaturahmi oleh keluarga Saragih Dasalak yang berada diwilayah Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.


 DANI R




,

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar