Header Ads


 

Aksi Penolakan Warga Masyarakat Didampingi Aliansi, Dengan Pihak Karyawan Kebun Nyaris Memanas


SIMALUNGUN - Kawasan Lahan HGU PTPN IV Perkebunan Teh diwilayahan Kebun Sayur Bah Butong serta di Afdeling II Perkebunan Bah Butong Kecamatan Sidamanik Kabupaten Somalungun. Jumat (16/09/2022) sekira pukul 10:30 WIB. 


Penanaman Bibit  Sawit Di Lokasi Lahan Konversi Yang belum ada kesepakatan antara Warga Masyarakat Sidamanik,  Yang dilakukan Karyawan PTPN IV Bah Butong Sidamanik, hingga nyaris memanas antara pihak Karyawan Kebun dengan Masyarakat Setempat yang melakukan penolakan atas Aksi penanaman bibit pohon kelapa sawit  dimaksud.


Hal penolakan yang dilakukan oleh masyarakat Sidamanik  tersebut dalam pendampingan Aliansi Gerakan Masyarakat Sidamanik yang diketuai Sukendro Sidabutar.


Permasalahan pihak perusahaan   BUMN, PTPN IV, HGU perkebunan Teh Bah Butong Sidamanik yang akan melakukan Konversi yakni peralihan dari Perkebunan Teh menjadi Kebun Sawit diatas lahan seluas 257 Hektar   yang berada di wilayah kawasan Afdeling  I dan Afdeling II serta Afdelik III yang berada di Perusahaan PTPN IV  Perkebunan Bah Butong Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun.


Namun masyarakat setempat Kecamatan Sidamanik, menilai dengan rencana Perkebunan yang akan melakukan Konversi dimaksud dan hal itu dikhawatirkan akan  mengakibatkan bencana banjir dan longsor yang harus dirasakan Warga masyarakat setempat Apa lagi hasil RDP di kantor DPRD tingkat I Sumatera Utara pada hari Jumat 29 Juli 2022 lalu. 


Dalam kegiatan itu pimpinan rapat dengar pendapat yang diketuai Mangapul Purba dan didapat hasil keputusan rapat serta dituangkan dalam Notulen disebutkan bahwa pihak perwakilan dan Ormas PBB, serta Saling dan Juga Himapsi hadir dalam cara dimaksud itu. 


Akan tetapi keputusan untuk tidak ada kegiatan oleh pihak PTPN IV Perkebunan Teh Unit Sidamanik, pada kenyataannya malah mengingkari dan ditenggarai memperkeruh suasana. 


Hal tersebut pun, diperkuat dengan sikap dari Pihak Perkebunan Teh Unit Sidamanik, yang mengaku bernama Rafi diketahui yang menjabat sebagai Humas, Saat dimintai keterangannya oleh awak media online ini, Rafi menolak untuk menjawab,  dalam aksi penaman tersebut pihaknya mengaku sesuai perintah atasan akan tetapi tidak dapat menunjukan surat perintah dimaksud saat Ketua Aliansi dan yang kala itu meminta menujukan surat perintah tersebut itu, Terlebih lebih saat awak media online ini  meminta keterangan dari Humas Perkebunan PTPN IV Unit Sidamanik  Rafi hanya mampuh  menyebutkan pihaknya " No Komenmaaf ya bang  " 


Padahal atas ulahnya masyarakat Sidamanik pun merasa dihianati pihak Perkebunan yang secara diam - diam diduga telah melakukan penanaman hampir sekitar ribuan batang pada luas lahan  lebih kurang 30 hektar. Pungkas Ketua Aliansi GMS.  S. Sidabutar. 


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar