Header Ads


 

Dinas PSDA Kabupaten Simalungun, Rencanakan Antisipasi Bencana Longsor Dengan Tanaman Vetipera


SIMALUNGUN - Dinas PSDA Pemerintahan Kabupaten Simalungun yang berada di wilayah Komplek Perkantoran SKPD Kabupaten Simalungun salah satu instabsi yang kini bergerak pada program pembangunan Irigasi di wilayah Kabupaten Simalungun.


Kepala Dinas PSDA, Djamahaen Purba yang berhasil ditemui sejumlah awak media disalah satu ruangan Gedung PSDA Simalungun Selasa (8/02/2022) sekira pukul 12:30 WIB.


Saat dimintai terkait program apa yang akan dilakukan oleh pihak Dinas PSDA yang baru dipimpinnya itu? Pada sejumlah wartawan Kepala dinas PSDA  Simalungun Djamahaen Purba menjawab awak media ini pihaknya akan mengembangkan sistem antisi pasi bencana longsor dalam perubahan Iklim apa lagi dimusim pengujan pihaknya sedang medalami dan berencana akan mempulerkan Tumbuhan tanaman Vetipera itu nama tanaman bukan nama  Vetivera Kakak kandungnya  Alam yang dikenal  penyanyi terkenal  yang mempopulerkan lagu Bah Dukun di era tahun 1990 an. 


Nah mengenai Vetipera tubuhan yang diyakini memiliki cengraman akar yang kuat dan mampuh tubuh dijenis tanah apa aja bahkan dibebantuan pun menurut penjelasan Djamahaen Purba tanaman yang satu itu mirim dengan rumput ilalang dan bisa hidup dimana saja paparnya.


Menganai Bencana Banjir yang kerap menghantui dan menyusahkan sejumlah  warga Pane Tongah khusus dimusim penhujan. Menurut Kadis PSDA Wilayah itu adalah menjadi tanggung jawab Pihak PSDA Tingkat Profinsi Sumut ujarnya. Sembari menambahkan musibah banjir diakibatkan karena kurangnya daya serap air yang disediakan pihak Kebun PTPN IV  Marjandi Embong ujar Djamhaen Purba. menduga duga, sebab dulu sebelum wilayah itu beralih pungsi dari Perkebunan Teh menjadi Kebun Sawit  tidak pernah ada banjir namun kini saat wilayah itu menjadi perkebunan sawit  Bencana Banjir kerap menimpa warga sekitar dikala musim penghunjan pungkasnya. 



Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar