Header Ads


 

Mantap, Pemkab Simalungun Gelar Operasi Mata Katarak Gratis di RSUD Perdagangan

SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Dr JR Saragih, SH, MM meninjau pelaksanaan operasi mata katarak gratis bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh Pemkab Simalungun bekerjasama dengan UPT Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Utara dan BandS Ministries yang dilaksanakan di RSUD Perdagangan, Kecamatan Bandar, Jumat (26/04).

Pemeriksaan awal (penjaringan) dilakukan mulai tanggal 2 - 5 April yang lalu di Puskesmas Tanah Jawa, Puskesmas Tiga Balata, Puskesmas Kerasaan dan RSUD Perdagangan. Setelah dipastikan positif katarak, operasi akan dilaksanakan pada 26 - 27 April di RSUD Perdagangan. Pada operasi kali ini, sebanyak 82 orang pasien akan di operasi dan jumlah mata yang di operasi sejumlah 127 mata.

Dikatakan oleh Bupati Simalungun, pelaksanaan operasi mata katarak ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk terbebas dari katarak dan meningkatkan kualitas hidupnya. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada tim medis dan RSUD yang  melakukan kegiatan operasi katarak.
"Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah," ujar Bupati.

Ditambahkan oleh Bupati bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun, 2 kali dalam setahun  melakukan kegiatan operasi katarak yakni di RSUD Rondahaim Saragih maupun RSUD Perdagangan.
"Pemkab Simalungun memiliki keterbatasan terutama dalam hal dokter spesialis untuk melakukan operasi. Namun atas kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga kita mampu menghadirkan dokter- dokter spesialis yang berpengalaman untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat," tambah Bupati.

Hogia Samosir, warga Tebing Tinggi yang menemani orangtuanya usai menjalani operasi mata katarak tersebut mengapresiasi pelayanan yang dilakukan oleh Pemkab Simalungun ini, menurutnya mereka sangat terbantu dengan adanya operasi secara gratis seperti ini.

"Terimakasih kami sampaikan kepada Bupati Simalungun yang telah membantu kami dengan adanya operasi katarak ini, terus terang selama ini kami terkendala biaya untuk membawa Orangtua kami mendapatkan operasi katarak. Namun hari ini, Orangtua kami sudah dioperasi katarak secara gratis," ujarnya.

Katarak sendiri merupakan kekeruhan yang terjadi pada sebagian maupun keseluruhan lensa mata. Hal ini menyebabkan berkurangnya penglihatan dari penderita, karena keruhnya lensa mata membuat cahaya menjadi sulit mencapai retina. Kebanyakan faktor utama penyebabnya adalah usia, dan resiko terbesarnya dapat menyebabkan kebutaan.

Humas.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar