Header Ads



Tim BPS Lakukan Pengecekan ke Mapolres Simalungun Dalam Rangka Menuju Zona Integritas WBK

SIMALUNGUN - Proses pembangunan menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokarsi Bersih Melayani di Mapolres Simalungun tidak diraih dengan mudah. Dibutuhkan kesiapan dari semua aspek baik SDM dan juga pelayanan tempat yang sesuai dengan keperluannya.

Kali ini tim dari Badan Pusat Statistik melakukan kunjungan ke  Mapolres Simalungun Pematang Raya Kab. Simalungun selama tiga hari sejak Senin, 20/8/2018 pukul 10.00 wib. Tim dari BPS Badan yang hadir diantaranya Marine Sohandi Angkat, Ssi,M.si (Kepala BPS Kab. Simalungun), Saud Hasiholan Saragih, Ssi (KSK P. Raya), Jeraius WIiratama Wau, S.ST (Staf IPDS).

Dalam kunjungan ini, tim dari BPS yang merupakan perpanjangan tangan dari Menpan RI tiba di Mapolres Simalungun dan disambut langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan, SIK, MH. dan Waka Polres Simalungun Kompol Zulkarnain Pane, para Kabag dan Kasat.

Lalu, tim BPS melakukan pengecekan fasilitas ke ruang pelayanan SKCK, ruang Sidik Jari, dan ruang PPA selanjutnya ke ruang SPKT Polres Simalungun dan hasilnya bahwa seluruh pelayanan di Mapolres Simalungun dianggap sudah cukup  baik.


Tim melanjutkan pada hari ke dua, Selasa 21/8/2018 dimulai pada pukul 09.30 Wib s/d 11.30 Wib dengan sasaran ruang pelayanan Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun, oleh Waka Polres Simalungun Kompol Zulkarnain Pane dan Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri N.D.Barus,SH,SIK. Langsung mendampingi BPS menuju pelayanan di Sat Lantas Polres Simalungun Jalan Asahan Pematang Siantar. Oleh Marine Sohadi Angkat, S.si., M.si ( Kepala BPS Kab. Simalungun), Saud Hasiholan Saragih, S.si ( KSK Raya), Jeraus Wiratam WAU SST ( Staf IPDS) dan Lita Chintia Murti (KSK Kec. Gunung malela). Mereka  langsung cek ke sasaran Objek Survei dan Penilaian, melaksanakan Survei pada Sarana Prasarana dan Inovasi pada pelayanan SATPAS Polres Simalungun, pengecekan fasilitas ke ruang pelayanan Pelayanan Sim, ruang Simulator, ruang Uji Tes Sim dan Ruang Ibu menyusui dan Ruang bermain Anak, dan hasil dari pengecekan tersebut bahwa seluruh pelayanan di Sat Lantas Polres Simalungun sudah baik.

Selanjutnya melaksanakan Wawancara (On The Spot ) di tempat pelayanan penerbitan SIM pada peserta SIM yang pada saat hari itu juga melakukan Pengurusan SIM yang berjumlah 9  (Sembilan) orang. Hal ini merupakan penilaian TIM Eksternal dari Badan Pusat Statistik Kab.Simalungun dalam hal Pelayanan Khususnya Penerbitan SIM guna Membangun Zona Integritas Menuju WBK pada Polres Simalungun. Pada saat kegiatan berjalan tidak adanya Teguran dan temuan apapun. Juga melanjutkan pemeriksaan ke Polsekta Tanah Jawa yang didampingi langsunh oleh Kapolsekta Tanah Jawa AKBP M. Silaen.

Wawancara pun langsung dilakukan Tim BPS terhadap responden di Polsekta Tanah Jawa yaitu Maraden Sinaga Kepala Dusun Nagori Bayu Bagasan , Pardomuan Sitorus Pangulu Nagori Bayu Bagasan Kecamatan Tanah Jawa . Serta Mustar Sitorus salah seorang warga Masyarakat Tanah Jawa, Budi H. Simbolon, SH dan Ibnu Halim Sinaga sebagai Tokoh Masyarakat. Terhadap responden tim BPS menanyakan langsung tentang pelayanan POLRI terhadap pengaduan masyarakat, tentang proses pengaduan masyarakat dan juga tentang kinerja Polri di wilayah Hukum Polsekta Tanah Jawa. Sentara pada hari ketiga

Kamis (23/8/2018) Pukul 09.00 Wib s/d 11.00 Wib hari ke tiga kerja dari Tim BPS didampingi bapak Waka Polres Simalungun, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri N.D.Barus,S.H.,S.I.K. dan Kapolsek Bangun AKP Putra Jani Purba SH, kembali menerima kunjungan Tim BPS Jeraus Wiratama WAU SST ( Staf IPDS) dengan sasaran dan objek survei yang sama pada Polsek Bangun dan Polsek Perdagangan tentang pelayanan POLRI terhadap pengaduan masyarakat, dan  kinerja Polri di wilayah Polsek Bangun dan Perdagangan.

Tibanya di Polsek Bangun, Tim BPS juga wawancara Langsung/Face To Face (On The Spot) kepada masyarakat baik yang melakukan pengaduan, mengurus SKCK dan mendampingi warga ke Mapolsek Bangun, dan Tokoh Masyarakat di Wilayah Hukum Polsek Bangun, diantaranya  Suyatno (Pangulu Sahkuda Bayu), Sahrul Ginting (Pangulu Marihat Bukit), P. Rumapea sebagai  (Tokoh Masyarakat), Liyanto dan 4 Orang Warga Lainnya yang sedang mengurus SKCK di Mapolsek Bangun (Responden SKCK). Usai kegiatan seluruhnya Tim BPS tidak ada memberikan teguran
dan dilanjutkan menuju Polsek Perdagangan yang disambut oleh Kapolsek Perdagangan AKP Daniel Artasasta Tambunan SH. SIK.

Sasaran Objek Survei Penilaian yang samapun dilakukan dengan wawancara Langsung/Face To Face (On The Spot) oleh Tim BPS kepada masyarakat diantaranya kepada bapak Dodi Irwansyah (Responden SKCK), Edi Suardi (Responden SKCK), H. Abdul Jalil (Tomas), Iwan Kurniawan (Pangulu Nagori Bandar Jawa), Makmur Harahap (Korban yang membuat pengaduan, dan kasusnya sudah P21), Gunawan Burhan (Tomas), Kasman Sitorus (Korban yang membuat pengaduan, dan kasusnya sudah P21), Dewi Kristina Tampubolon (Korban yang membuat pengaduan, dan kasusnya sudah P21).

Dalam kunjungan itu, tim BPS menilai bahwa Polres Simalungun dan jajarannya telah memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM,penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Kamis, sekira pukul 13.00 wib, Tim BPS selesai melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan tersebut itu pun dapat berjalan  tanpa mendapat hambatan sekecil apapun.

(humas Polres Simalungun) Dani R
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar