Header Ads

 

32 Ribu Taksi Online Menjadi Incaran Razia Dishub dan Polrestabes Medan

MEDAN - Sebanyak 32 ribu supir taksi online yang beroperasi di kawasan Kota Medan, Binjai dan Deliserdang menjadi target Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan. Pasalnya, setiap pengemudi angkutan berbasis aplikasi Android telepon seluler itu wajib mengubah SIM A menjadi SIM A Umum serta melakukan uji kendaraan bermotor (kir).

Dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan akan menggelar razia selama sepekan, hingga 15 Februari. Hal itu untuk menegakkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Razia dalam operasi simpatik, bagi pengemudi online telah mulai dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan sejak Rabu (7/2/2018) kemarin.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Medan, Edison Brase Hamonangan Sagala mengatakan, sampai dengan seminggu ke depan, operasi hanya memberi peringatan dan mendata pengemudi. Apabila ketahuan belum melengkapi persyaratan sesuai Permenhub No 108 tahun 2017, mereka akan dianjurkan untuk memenuhi peraturan.

"Ini kami lakukan operasi simpatik sampai 15 Februari mendatang. Sampai saat ini, ada dua unit aplikator yang sudah bergabung, tapi mereka belum menyelesaikan yang diwajibkan dalam peraturan Permenhub No 108 Tahun 2017, misalnya belum melakukan speksi, dan sebagainya," kata Edison diwawancarai saat operasi simpatik di Jalan KH Zainul Arifin Medan,

Berdasarkan data Satlantas Polresta Kota Medan, jumlah melebihi kuota tersedia. "Jumlah pengemudi taksi online yang kami deteksi, mencapai 32 ribu di Medan, Binjai dan Deliserdang. Sementara kuota kita hanya 3.500 untuk Medan saja. Satu kota segitu," ujar Kanit Dikyasa Polrestabes Medan, AKP Neneng Armayanti.

Pengemudi Taksi Online, Reza Purba mengatakan, pihaknya sangat keberatan dengan aturan dalam Permenhub No 108 Tahun 2017. Ia menuturkan, hampir semua rekannya sesama pengemudi taksi online menolak peraturan menteri tersebut.

"Kami ini, 95 persen enggak setuju dengan peraturan ini. Di grup kami ada 17 ribu driver taksi online di Medan. Nah, dari 17 ribu itu, 95 persen enggak setuju dengan Permenhub 108 tahun 2017 ini," katanya.

Keberatan mereka terhadap Permenhub tersebut, yakni dari uji kendaraan bermotor (kir) yang dapat membuat pengemudi online lepas dari asuransi. Selain itu, harga jual mobil mereka pun akan jatuh.

"Kalau masalah surat-surat seperti SKCK kami sudah punya. Jadi harus di KIR lagi, kami bayar lagi, rasanya kami enggak mampu lagi. Apalagi orderan sekarang hancur-hancuran," ujar Reza.

Edison menjelaskan, Dishub masih memberi peringatan, tanpa melakukan penindakan. Hingga 15 Februari 2018 mendatang, Dishub dan Satlantas Polrestabes Medan memperingatkan dan mendata pengemudi online yang terjaring operasi simpatik, untuk melengkapi kekurangan sesuai Permenhub.

"Ke depan akan kita beri sanksi, karena kita kasih waktu sampai tanggal 15 Februari nanti. Jadi, hari ini sampai 15 Februari kita akan terus lakukan operasi simpatik. Selanjutnya kita berikan sanksi," ungkapnya.

Ia menuturkan, Dishub dan stakeholder terkait, sudah beberapa kali melakukan rapat untuk menjelaskan Permenhub No 108 Tahun 2017, pada perusahaan aplikator. Semua aplikator sudah dijelaskan apa saja yang harus diikuti. Bahkan, aplikator menanggapi secara positif peraturan tersebut.

"Harapan kita, perusahaan ataupun aplikator mengimbau para driver mereka untuk mengikuti peraturan sesuai Permenhub 108 tersebut," katanya.

(sumber Tribunmedan.com) red.
Comments
1 Comments

1 komentar

Cathrine Faded mengatakan...

Hanya disini semua permainan online bisa di mainkan dengan 1 userid saja loh ad Togel Poker idn play Sbobet Sabung Ayam Batu Goncang Tembak Ikan Slot dan masih banyak games online betting lain nya yang bisa anda mainkan disini dengan modal 20rb sj yukk segera daftar kan diri anda dan bergabung bersama kami hanya di DEWALOTTO*com dengan pelayanan Terbaik dan Terbonafit serta BO yang berpengalaman yuk segera bergabung.. bb 7BF59345