Header Ads

 

Mantap, Polres Simalungun Berhasil Manangkap 26 Tersangka Narkoba Selama Juli 2017


SIMALUNGUN - Kinerja Polres Simalungun berhasil meringkus 26 tersangka narkoba selama bulan Juli 2017 ini layak mendapat pujian. Dari 19 perkara laporan polisi, barang bukti jenis sabu 50,99 gram, ganja kering siap edar 10, 15 gram, dan pohon ganja ada 22 batang ditemukan di ladang kopi dan cabai berhasil diamankan.

Polres Simalungun juga langsung memusnakan barang bukti narkoba seperti sabu-sabu, pil ekstasi dan ganja senilai sekitar Rp 300 juta tersebut. Pemusnahan disaksikan pihak Kejari dan tersangaka pemilik barang bukti di Asrama Polisi Jalan Sangnawaluh, (31/7/2017).

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK.MH melalui Kasat Narkoba AKP S. Manaek Ritonga SH saat menggelar press release menerangkan, bahwa barang bukti yang dimusnahkan hasil penangkapan dan pengungkapan dari 7 tersangka kasus narkoba yang ditangani Polres Simalungun.

“Ini pengungkapan sejak saya baru menjabat mulai 16 juli hingga 31 Juli 2017. Ada sabu hampir seberat 3 ons, pil ekstasi 50 butir dan ganja 75 amp. Kalau nilai harganya pastinya berapa kita gak tahu lah harganya di pasaran,” kata Marnaek.

Pemusnahan ini sendiri disaksikan para tersangka, perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, kuasa hukum tersangka, awak media. Sabu dan pil ekstasi dimusnahkan dengan cara direbus, sedangkan ganja dengan dibakar.

“Jumlah tersangka ada 7 orang. Barang bukti itu kalau dirupiahkan sekitar Rp 312 juta. Dari penyelidikan dan pengakuan tersangka, barang bukti ini didapatkan dari luar daerah (Kabupaten Simalungun) dan pengembangan hingga ke (Lapas) Tanjung Gusta,” lanjut AKP Marnaek.


Ia pun menghimbau masyarakat dan juga awak media untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian bila mendengar adanya peredaran narkoba. "Dukung dan bantu kami untuk memberantas narkoba," pungkasnya.

Para tersangka diancam dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara, atau seumur hidup hingga hukuman mati. Pemerapan pasal ada 114 UU 35 Tahun 2009 dan 112 UU Tahun 35 Tahun 2009.

Dani R.
Comments
1 Comments

1 komentar

Anonim mengatakan...

b0la, c4sin0, CMDbet, tangkas, sabung 4yam, dll hanya di F4NS B3TT1N9, yukk buruan.. :)