Header Ads


 

Bimbingan Kerja Buahkan Hasil, Warga Binaan Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Panen 300 KG Ikan Lele


SIMALUNGUN  -  Kehidupan Warga binaan Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,  tentunya tidak hanya sebatas menjalani hukuman penjara didalam tembok jeruji besi semasa pidananya. 


Berbagai macam kegiatan positif diterapkan sebagai bentuk pembinaan bagi warga binaan yang tengah dimasyarakatkan. 


Pembinaan Fisik, Mental, Intelektual, Kerohanian hingga Kemandirian warnai kehidupan warga binaan dibalik tembok pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Pematangsiantar. 


Budi daya ikan lele merupakan salah satu bentuk pembinaan kemandirian yang di terapkan di berbagai lapas di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, lele merupakan kebutuhan pangan berkualitas sekaligus budi dayanya yang terbilang mudah serta ramah lingkungan. 


Di Lapas Pematangsiantar sendiri, budi daya ikan lele ini memanfaatkan lahan yang berada di  Luar Tembok lapas, serta diternak oleh warga binaan dibawah bimbingan petugas.


Kepala Lapas Kelas IIa Pematang Siantar, M. Pithra Jaya  Saragih tampak turun langsung ke lokasi budi daya lele didampingi kasi Giatja, H. Hutauruk. Beliau mengaku bangga atas capaian dan keberhasilan program ini.


"Program pembinaan kemandirian ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada warga binaan, tetapi juga membantu mereka membangun rasa tanggung jawab dan disiplin. Panen lele ini adalah bukti nyata bahwa dengan kesungguhan dan bimbingan yang tepat, para warga binaan dapat mencapai prestasi positif”, ucap Kalapas. 


Panen lele tersebut merupakan wujud keberhasilan program pembinaan kemandirian di lapas yang bertujuan memberikan keterampilan kepada warga binaan. 


Harapannya, WBP dapat mandiri setelah menjalani hukuman. Lele yang telah dipelihara oleh para WBP sebanyak 50.000 ekor dan berhasil dipanen 300 kg yang nantinya akan dijual dan hasilnya akan dimasukkan ke PNBP.


Selama proses ini, para warga binaan juga mendapatkan pembinaan keterampilan dan pengetahuan mengenai manajemen usaha peternakan lele. Hasilnya, panen ikan lele yang dilakukan menunjukkan keberhasilan program pembinaan kemandirian.


(Dani.R/Frenki Saragih)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar