Header Ads


 

Usai Dilakukan Pemugaran, Bupati Simalungun Resmikan Makam DR (HC) Drs Djabanten Damanik


SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi meresmikan Makam Almarhum St DR (HC) Drs Djabanten Damanik seusai dilakukan pemugaran/revitalisasi di kelurahan Sipolha Harison Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (05/09/2022)


Peresmian di tandai dengan Penandatanganan Prasasti  dan pengguntingan pita oleh Bupati Simalungun yang dilanjutkan ziarah ke Makam DR (HC) Drs Djabnten Damanik sekaligus melihat kondisi makan seusai dilakukan pemugaran.


Sebelumnya, pemugaran makam tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pada 24 Mei 2022 lalu oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.


Ketua revitalisasi/pemugaran Makam M Fikri F Damanik melaporkan, dasar dilaksankan pembagunan adalah perintah Bupati Simalungun tanggal 23 Mei 2022, dan pelaksanaan  revitalisasi di mulai pada 18 Juni 2022.


Pelaksanaan pemugaran selesai pada 1 September 2022 dengan biaya sebesar lebih kurang Rp. 98 juta yang bersumber dari bantuan donatur dan dari bantuan masyarakat  Simalungun baik dalam maupun  luar daerah.


Bupati Simalungun dalam arahannya menyampaikan  bahwa, tujuan dilaksanakan pemugaran makam itu agar dapat dijadikan sebagai objek wisata budaya dan wisata sejarah bagi masyarakat Simalungun di antara objek wisata lainnya. "Untuk itu tugas kitalah yang menjaga ini semua,"kata Bupati.


Kemudian, Bupati mengatakan, revitalisasi makam tersebut merupakan bagian dari bentuk penghargaan kepada alm. Djabanten Damanik atas apa yang telah ditorehkan almarhum selama ini.


"Pemugaran ini juga dilakukan sebab dibeberapa sisi makam ini sudah mengalami kerusakan. Maka kami berinisiatif, bergotong royong melakukan revitalisasi atau perbaikan terhadap makam orang tua kita ini,"ucap Bupati.


Di Sipolha, menurut Bupati, banyak  nilai nilai nilai luhur yang menginspirasi dan dapat diaplikasikan dalam proses menjalankan pemerintahan khususnya dan dalam menjalankan kehidupan sehari hari umunya.


"Terima kasih kami sampaikan yang setinggi tingginya kepada seluruh masyarakat dan donatur serta seluruh pihak yang sudah berkontribusi, sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama pemugaran makam ini selesai dilaksanakan, sekaligus menghidupkan kembali semangat marharoan bolon untuk kebaikan di Simalungun ini,"ucap Bupati.


"Semoga apa yang kita lakukan pada kesempatan ini menjadi catatan kebaikan bagi kita semua. Dan kepada seluruh keluarga alm. DR (HC) Drs Djabanten Damanik senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,"sambung Bupati mengakhiri.


Tampak hadir antara lain para pejabat di lingkungan Pemkab Simalungun, mewakili Dandim 0207/Sml Lettu CHB K Simatupang, mewakili Kapolres Simalungun AKP E Nababan Camat Pematang Sidamanik Iqbal, Ketua Lembaga Pemangku Adat (LPA) Simalungun Djantogu Damanik dan keluarga besar Alm DR (HC) Drs Djabanten Damanik.


Caisar Manalu.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar