Header Ads


 

Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Hadiri Pelatihan Pewarnaan Alami


SIMALUNGUN - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menggelar pelatihan pewarnaan alami benang bagi petenun yang ada di wilayah zona dataran tinggi I, di Hotel Horison Pematangsiantar.


Pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama 4 hari tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda dan dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.


"Kenapa kita melakukan pelatihan pewarnaan alami benang petenun?. Karena penggunaan benang dengan warna alami lebih sehat bagi penenun, dan lingkungan dibandingkan dengan menggunakan pewarna kimia,"kata Nawal dalam sambutannya.


"Kalau sehat dan tidak sakit, sudah pasti tidak keluar uang untuk berobat,"ucap Nawal menambah saat membuka kegiatan tersebut.


Dalam kesempatan itu, dihadapan Nara sumber di kegiatan itu, Ketua Dekranasda Simalungun menyampaikan bahwa pihaknya juga akan melaksanakan pelatihan bagi petenun yang ada di Simalungun.


Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun juga menyempatkan diri untuk meninjau tenunan benang yang di tampilkan oleh Nara sumber.


Caisar Manalu.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar