Header Ads


 

Istri Bupati Melakukan Penyaringan Peserta Lomba Tor Tor Marharoanbolon


SIMALUNGUN - Acara Lomba Tor - Tor Marharoan Bolon Tingkat Remaja / SMP Sekabupaten Simalungun tahun 2022 melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun  digelar di Gedung Aula SMANegeri  I Raya Senin 15 Agustus 2022. Sekira pukul 10:00 WIB.


Kegiatan Acara Lomba Tor-tor dimaksud sebagai persiapan, dalam rangka menyambut HUT RI ke 77 Tahun yang puncaknya jatuh pada 17 Agustus 2022 yang tinggal beberapa hari lagi itu. 


Dalam kata sambutannya menyampaikan ucap terimakasih pada pihak Kecamatan dan Pangulu Nagori  yang telah memberikan dukungannya sehingga pembinaan dalam mempersiapkan para peserta Lomba Tor-tor dapat terlaksana.ucapnya 


Nyonya Ratnawati Radiapo Hasiholan Sinaga, Saat berkunjung ke Pematang  Sidamanik saat melaksanakan kunjungan Kekantor Kelurahan Sipolha  Pematang Sidamanik  didapati Kantor Kelurahan  menjadi Sarang Ullar  Ucapnya lagi. 


Namun menurut salah seorang Staf Kantor Kelurahan Sipolha saat dimintai tanggapannya  menyebutkan bahwa kantor menjadi salrang ular hal itu tidak benar angkisnya.


Kunjungan Ketua Penggerak PKK Kabupaten Simalungun, yang kala itu sedang melakukan penyaringan pada para peserta Lomba Tor-tor tiingkat SMP diwilayah Pangulu Nagori/ Kepala Desa atau Kantor Kelurahan  yang berada di 32 wilayah Kecamatan sekabupaten Simalungun. 12 Tim Peserta Tor-tor Marharoanbolon yang ikut bertanding dalam perlombaan.  


Lomba Tor-tor tingkat Remaja SMP sederajat  Sekabupaten Simalungun dari Wilayah Kecamatan termasuk per Davil dari Davil 1 hingga Davil VI sebanyak dua orang utusan dari setiap Kecamatan sesuai Davil  diantaranya Davil I. A Kecamatan Purba, Dolok Silau, Haranggaol Horizon kemudian Kecamatan Davil I. B  Silau Kahean dan Raya Kahean, Kecamatan Raya dan Dolog Masagal. 


Sementara Davil II Gunung Maligas Dolog Batu Nanggar Kecamatan Siantar dan Tapian Dolog.  Selanjutnya Dari Davil III yakni Kecamatan Pematang Bandar  Gunung Malela, Bandar Huluan dan Kecamatan Bandar Masilam. 


Davil IV yakni  Kecamatan  Bosar, Bosar Maligas dan Kecamatan Ujung Padang. Davil V Kecamatan Huta Bayu Raja, Jawa Maraja Bah Jambi, Hatonduhan dan Kecamatan Tanah Jawa dan Yang terakhir Davil VI yakni Kecamatan Dolok Pardamean, Pane dan Panombean Pane. Sedangkan Untuk Tor Tor pilihan yakni Davil I A. Kecamatan Silimakuta, Kecamatan Purba, Pematang Silimakuta. Davil I B. Kecamatan Raya, Raya Kahean Dolog Masagal dan Dolog Silau. Davil II Dolog Batu Nanggar, Tapian Dolog dan  Gunung Maligas. Davil III Kecamatan Gunung Malela, Bandar Huluan , Pematang Bandar dan juga kecamatan Bandar Masilam.


Davil IV. kecamatan Ujung Padang, Bosar Maligas dan Kecamatan Bandar. Sementara Davil V yakni Kecamatan Tanah Jawa, Hatonduan, Kecamatan Hutabayu Raja dan  Jawa Maraja Bahjambi. Sedangkan Davil VI Kecamatan Pematang Sidamanik, Kecamatan Panei dan Kecamatan Dolok Pardamean. Dari setiap wilayah Kecamatan mengirimkan 2 Peserta Lomba Tor Tor dengan dua Sistem yakni 1 Tortor Pilihan dan Tortor Wajib. 


Dalam acara Lomba dimaksud juara satu Tortor Pilihan Utusan dari Kecamatan Purba meraih nilai tertinggi sehingga berhasil meraih juara I dan untuk tari Tortor Wajib juara II sehingga Utusan dari Kecamatan Purba lah yang berhasil menjadi Juara Umum dan berhak mendapat Piala serta dana pembinaan sebesar 7 juta Rupiah dari Pemkab Simalungun yang diserahkan langsung oleh Bupati Simalungun didampingi Istri yang menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun Nyonya Ernawati Radiapo Sinaga. Dalam pagelaran Lomba Tor-tor dimaksud.


Kadis Pariwisata Kabupaten Simalungun Fikri Damanik yang berhasil dimintai tanggapannya oleh awak media menyampaikan Aspirasi yang setinggi tingginya pada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun, yang telah memberikan pembinaan dan menyemangati para peserta dari sejumlah Nagori dan Wilayah Kecamatan sekabupaten.


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar