Header Ads


 

Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun Menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral Tingkat Kecamatan


"Sosialisasi Kesehatan Terhadap Para Calon Pengantin Yang Sehat dan Reproduksi Sehingga Dapat Menekan Angka Kematian Bayi dan Ibu Saat Melahirkan."


SIMALUNGUN - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun Laksanakan kegiatan Sosialisasi terkait pelayanan stanting dan Kesehatan Reporduksi terhadap Calon Pengantin ( Cantin ) Sosialisasi dimaksud dilaksanakan di Ruang Harunguan Kantor Kelurahan Pamatang Raya Kecamatan Raya Selasa (19/07/2022) sekira pukul 09:30 WIB.


Hadir dalam acara dimaksud, Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Simalungun Edwin Toni Simanjutak yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat, Rosman Saragih SKM, Kepala Puskesmas Pamatang, Raya, dr. Haposan Silalahi, didampingi Kasi Kesga dan Giji Trise Novelia Sinaga 

Camat Raya Septiaman Saragih STTP dan juga Lurah Pamatang Raya Jon Sarwedi Purba SE. Serta Pendeta GKPS juga pihak KUA Kecamatan Raya  beserta para tamu undangan.


Kabid Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan Simalungun. Rosman Saragih SKM, yang berhasil dimintai keterangannya mengatakan pada  awak media online ini bahwa kegiatan Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengertian terhadap Para Calon Pengantin (Catin) yang akan melaksanakan pernikahan. Jelasnya


Selain itu juga Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Simalungun menambahkan bahwa terkusus pada para Cantin yang akan melaksanakan jenjang pernikahan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak Medis Kesehatan tentang  kesehatan Pasangannya. Jelasnya lagi  


Sehingga dengan digelarnya Lokarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Raya yang dilaksanakan ini bertujuan agar para Calon Pengantin lebih memahami kesehatan pada para calon pasangannya, serta terkusus pada Calon Pengantin Wanita yang akan menjadi ibu muda nantinya. 


Calon Ibu muda agar dapat pembekalan ilmu dan pemahaman saat menjalani masa kehamilan serta tentang kesehatan bayi yang akan dilahirkannya itu. 


Perlu digaris bawahi bahwa dalam masa kehamilan dimaksud agar selalu memeriksakan secara rutin ke pihak medis yakni Puskesmas. Paparnya 


Sehingga dengan memeriksakan secara kandungannya  dalam masa kehamilannya itu sehingga tidak ada lagi atau paling tidak dapat  mengurangi dan menekan angkatan kematian pada bayi  dan juga ibunya pungkasnya. 


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar