Header Ads


 

Kapolres Simalungun Ikut Penyambutan dan Pengamanan Kunker Presiden RI Jokowi


SIMALUNGUN - Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH Berserta Personil Polda Sumut  ikut penyambutan dan pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo (Jokowi), Rabu (2//2/2022) pagi sekira pukul 07.00 WIB.


Selain Kapolres Simalungun, turut penyambutan orang nomor satu di Indonesia itu yakni Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si, Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin SIP, MM, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Desman Tarigan SH, Dir Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Dwi Indra Maulana, SIK.


Kemudian Danrem 022/Pantai Timur (PT) Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf. Roly Sohuoka, S.IP, Waka Polres Simalungun Kompol Efianto, SH. MH, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP. Adi Haryono, SH, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik Fernandes Aritonang, SIK, MH, Kasat Intelkam AKP Restuadi, SH, Kasat Sabhara AKP D. Butar-butar, SH, Kasat Reskrim AKP Rachmat Aribowo, SIK dan seluruh Personel Pengamanan VVIP.


Dalam kunker itu Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 


Siang harinya sekira pukul 12.00 Wib Presiden RI Jokowi mendarat di Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) kemudian mengawali kunkernya dengan meresmikan pembangunan jalan dan jembatan Bypass Balige (lingkar luar) Kecamatan Balige, Kabupaten Toba sepanjang 9,8 Kilometer (Km).


Selanjutnya Presiden menuju Kabupaten Simalungun dari Simpang Sibisa, Kabupaten Toba mengendarai sepedamotor Kawasaki W175, dengan pelaksanaan pengamanan VVIP di Kawasan Pantai Bebas Parapat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Setiba di Pantai Bebas itu, Presiden disambut Bupati Simalungun dengan pemberian Gotong dan Ulos. Lalu Presiden meresmikan Pantai Ipal Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon yang dibuka untuk Umum.


Dalam keterangannya, Presiden RI Jokowi menjelaskan saat ini di Kawasan Pantai Bebas Parapat sudah dibangun beberapa fasilitas untuk menyajikan pertunjukan seni budaya hingga menara pandang untuk bisa dinikmati masyarakat yang berkunjung ke Danau Toba.


Lalu sekira pukul 13.30 Wib Presiden  membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat Tiga Raja Kecamatan Girsang Sipanganbolon dan langsung menuju Pelabuhan Ajibata dengan pengamanan VVIP. Sekira pukul 14.00 Wib Presiden Jokowi meresmikan Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Toba dengan Ritual Adat Batak membuang jeruk purut ke Danau Toba serta juga meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata tersebut.


Adapun tujuh pelabuhan diresmikan itu yakni Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Pelabuhan Muara di Kabupaten Taput, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo. Kemudian empat KMP yang diluncurkan pada kesempatan yang sama adalah KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.


Sore harinya puk 15.30 Wib Presiden Jokowi Widodo bersama rombongan menyebrang ke Kabupaten Samosir Menggunakan Kapal KMP Kaldera Toba dari Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba menuju Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan situasi aman dan terkendali. 



Pres rilis/DANI R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar