Header Ads


 

Sinergi Polri Dengan Instansi Dalam Rangka Berikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Nataru 2021- 2020


SIMALUNGUN - Polres Simalungun menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2021 dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada  Perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) bertempat di Lapangan Olahraga Koramil Type A Makodim 0207/Simalungun Jalan Asahan, Km 4,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Kamis (23/12/2021) pagi sekira pukul 09.00 WIB. 


Apel itu dihadiri Forkopimda Plus Kabupaten Simalungun diantaranya Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, SAP, Kapolres AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH, Wakil Bupati (Wabup) H. Zony Waldi S.Sos, MM, Dandim 0207 / Simalungun Letkol Inf Roly Sohuoka, S.IP, Waka Polres Kompol Efianto, SH. MH, Perwakilan Ketua MUI Simalungun Purn. Akp Syafii SH.


Kemudian Pasi ops Kodim 0207/SML Kapten.Totok Ragil, Kabag Ops Kompol Juni Herimon Situmorang, SH, Sekda Drs. Esron Sinaga, MSi, Kasat Lantas AKP Hendrik Fernandes Aritonang, SIK, MH, Kasat Intelkam AKP Restuadi, SH, Seluruh Kapolsek Sejajaran Polres Simalungun, Kepala Dinas Kesehatan  dr.Lidya Rayawati Saragih, M.Kes, Direktur Rumah Sakit Se-Kabupaten Simalungun, Kadis Perhubungan, Barisan Personel TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Damkar, Dishub serta Pramuka Kabupaten Simalungun. 


Danrem 022/PTT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, S.A.P., selaku inspektur upacara (Irup) memasang tanda pita pertanda Ops Lilin Toba 2021 kepada perwakilan personil kemudian membacakan amanat tertulis Kapolri yang menyampaikan apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.


Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2021” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.


Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak


"Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya

juga mengucapkan “Selamat Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian,"kata Kapolri. 


Ketika dikonformasi Kapolres Simalungun Akbp Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian, Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman. Ucap Kapolres.


Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahguna narkoba.


Dani R.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar