Header Ads


 

Pemkab Simalungun Gelar Natal 2021 Bersama di Kecamatan Purba


SIMALUNGUN - Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun melaksanakan perayaan natal bersama tahun 2021 di lapangan gereja GKPS Tiga Runggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis 16/12/2021.


Perayaan tersebut mengusung  tema "Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan" (1 Petrus 1:22)" dengan sub tema "Persaudaraan dan Kasih adalah Kekuatan Dalam Pemulihan Kehidupan".


Diawali Dangan pelaksanaan Ibadah Natal. Dalam ibadah itu disampaikan Liturgi I tentang Ke Agungan Ciptaan Tuhan dibawakan oleh tokoh pemuda dan masyarakat, Liturgi II tentang Kejatuhan Manusia akibat dosa dibawakan oleh para pangulu, Liturgi III tenang Janji Keselamatan di bawakan oleh Forkopimca/ASN Pemkab Simalungun, dan Liturgi IV tentang Kelahiran Juru Selamat di bawakan oleh Forkopimda Kabupaten Simalungun.


Dalam khotbahnya Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe antara lain menyampaikan, firman Tuhan mengajak kita untuk memiliki kasih dalam persaudaraan, khususnya dalam pandemi saat ini. "Mari kita tunjukkan kasih persaudaraan yang tulus dan sungguh-sungguh melalui peduli kepada sesama untuk ikut dalam sosialisasi vaksinasi. Sesuai dengan tema Natal: Cinta Kasih Kristus yang menggerakkan persaudaraan,"kata Sekjen GKPS.


Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah hampir tiga tahun tiga tahun momen pelaksanaan Natal tidak dilaksanakan dikarenakan pandemic Covid-19. 


“Kini pendemi Covid-19 sudah melandai, maka momen pelaksanaan Natal ini dapat kita laksanakan, namun demikin kita tetap melaksanakan protocol kesehatan dengan ketat. Kita berharap tahun mendatang pandemic ini sudah selesai, sehingga kita dapat beraktifitas dan melaksanakan kegiatan keagamaan seperti kegiatan Natal ini dengan penuh suka cita,”kata Bupati.


Sesuai dengan sub tema perayaan Natal, Bupati mengatakan didalam pemulihan dibutuhkan kebersamaan dan kesatuan kita semua. “Janganlah dimasa pemulihan ini dengan segala keterbatasan dan kekurangan, kita tidak bersatu. Dimasa pemulihan inilah kita harus bersatu, bersama-sama, dan hal ini tentu melewati beberapa proses agar terbiasa kita menjalani aktifitas kita dan harus memiliki semangat positif thinking,”kata Bupati.


Melalui momen perayaan Natal ini, Bupati Simalungun atas nama Pemkab Simalungun dan keluarga mengucapkan selamat Natal bagi seluruh masyarakat Simalungun. “Kami tidak bisa menyambangi warga satu persatu. Melalui Natal ini biar kasih Tuhan yang senentiasa berkarya didalam pejalanan kehidupan kita. Semoga Kabupaten Simalungun menjadi Kabupaten yang berbudaya, bermartabat dan untuk Simalungun kita harus bersatu,”kata Bupati.  


Terkait pelaksanaan vaksinasi, dalam kesempatan itu Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi bagi yang belum di vaksin. “Kita harus mencapai 70 % target vaksinasi di bulan Desember ini. Untuk itu kepada bapak dan ibu yang belum divaksin mari kita mengikuti vaksinasi ini. Vaksin di Simalungun cukup dan kita berharap Kabupaten Simalungun bisa terbebas dari Covid-19 sehingga kita dapat melaksanakan pembangunan, karena banyak yang harus kita benahi,”kata Bupati.


Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun diwakili Wakil ketua DPRD Samrin Girsang dalam sambutannya mengatakan bahwa pihak Kami sangat mengapresiasi perayaan natal yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. “Semoga pada hari-hari mendatang kita, Pemerintah dan DPRD Kabupaten Simalungun bisa terus bersinergi, sehingga dimasa pandemic covid saat kita sama-sama mengatasi,”katanya. 


Samrin juga menghimbau seluruh perangkat desa, camat dan seluruh masyarakat untuk sama-sama meningkatkan capaian vaksinasi. “Mari sama-sama kita himbau masyarakat kita, agar Simalungu  dapat mencapai vaksinasi sesuai dengan yang dimanatkan oleh Presiden RI,”pintanya.


Sebelumnya Sarimuda Purba selaku panitia melaporkan bahwa sejak mewabahnya virus Covid-19 yang berlangsung selama hamper dua tahun, ada kerinduan Pemkab Simalungun untuk menyapa wara masyarakat dengan bertatap muka langsung dengan tetap memetuhi protocol kesehatan.


“Dengan dasar inilah Pemkab Simalungun membagi acara Perayaan Natal dibagi pada dua lokasi agar tidak terjadi kerumunan massa yang berlebihan, yaitu tanggal 16 Desember 2021 di Kecamatan Purba dan tanggal 20 Desember 2021 di Kecamatan Bandar,”jelas Sarimuda.


Menurut Sarimuda, Perayaan Natal tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini dilaksanakan secara berderhana tanpa mengurangi makna Natal tersebut dan tetap mengutamakan protocol kesehatan dan yang diundang bersifat terbatas,”ungkapnya.


Perayaan natal tersebut diakhiri dengan penyerahan tali asih kepada anak yatim piatu dan lansia yang kurang mampu.


Tampak hadir antara lain Kapolres diwakili Kapolsek Purba Iptu M Sinaga, Dandim diwakili Danramil Tiga Runggu Lettu Inf Aron Pinus Sitompul, para pejabat dijajaran Pemkab SImalungun, Forkopimca Kecamatan Purba, TP PKK Kabuten Simalungun, DWP Simalungun, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, perbankan serta undangan terbatas dan mengikuti protokol kesehatan. 



DANI R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar