Header Ads

 

Bupati Simalungun Ajak Masyarakat Menjaga dan Mengembangkan Produk UMKM


SIMALUNGUN -  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan bahwa UMKM yang bisa menyelamatkan bangsa kita ini, khususnya Simalungun ketika terjadi krisis moneter di tahun 1998.


“Begitu banyak perusahaan bangkrut tapi UMKM mampu bertahan dan ketika pandemi Covid-19 juga, UMKM mampu bertahan. Oleh karna itu, mari kita merawat, menjaga dan mengembangkan produk UMKM ini,” kata Bupati saat meresmikan forum UMKM IKM Handicraft Sumut dan Koperasi Bersama Sejahtera Lestari serta Rumah Oleh-oleh UMKM Simalungun di kantor Forum UMKM IKM Sumut, Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Kamis (11/11/2021).


Kemudian, Bupati mengingatkan, yang sering jadi masalah adalah kita mampu menguasai hulunya dalam produk UMKM ini, tapi kita tak pernah sampai di hilirnya.


“Tugas kita bersama agar kita bisa menguasi hulu dan hilir agar ada nilai tambah terhadap usaha kita. Nanti kita akan siapkan outlet-outlet UMKM di Kawasan Pantai Bebas Parapat. Jadi kita harapkan untuk mengembangkan, merawat menjaga, dan mengemas produk UMKM ini agar layak dan mampu bersaing dengan produk UMKM di luar Simalungun,” katanya. 


Selanjutnya, Bupati menyampaikan pengharapan organisasi yang diresmikan tersebut bukan sekedar organisasi seremonial saja, tapi mempunyai aksi karya nyata. 


“Saya juga berharap produk UMKM ini dapat mendongkrak PAD di kabupaten Simalungun. Mari kita terus belajar untuk meningkatkan produk UMKM kita. Dan rumah oleh-oleh ini harus benar-benar menjadi rumah oleh-oleh bukan sekedar serimonial selesai diresmikan selesai, tidak ada pengunjung, tidak ada peningkatan produk dan tidak ada perkembangan,” katanya. 


Sementara itu, Ketua Forum UMKM IKM, Daniel Samosir menjelaskan bahwa forum ini dibuat  untuk mendukung program visi-misi bupati yaitu mensejahterakan rakyat. “Kita juga sudah membangun kesepakatan dengan Kemenpora. Kami berharap kalau ada gedung yang tidak dipakai kami bisa diberi tempat,” katanya. 


Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani menyampaikan bagaimana kehadiran UMKM ini bisa menjadi ramai dan mampu bersaing. “Kita harus mampu membenahi usaha kita agar mampu bersaing dan membangun jaringan dengan dinas terkait dan pelaku industri besar. Saat ini hanya UMKM yang mampu bertahan untuk membenahi ekonomi walau dalam masa pandemi. Jadi mari kita bersama mendukung program ini,” kata Timbul Sibarani. 


Hadir pada acara tersebut, Plt Kadis Disperindag Arnold Silaen, Plt Dinas Koperasi dan UMKM, Ronal Banjarnahor, Kapolsek Sidamanik, E Nababan, Danramil, J Sidabalok, Camat Sidamanik, Juliana Simarmata, Lurah Sidamanik, Ritajuli Tambunan, Kepala Kantor Pos Siantar Sugiarto, dan Manejer PTPN-IV Rafli,  



Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar