Header Ads

 

Pangulu Nagori Totap Majawa Rangkul Warga dan Perangkat Desa Laksanakan Marharoan Bolon


TANAHJAWA - Marharoan Bolon (Gotong Royong) ini merupakan salah satu gagasan dari Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan H. Zonny Waldi.Sehingga Berhasil Meraup Penghargaan Rekor MURI pada awal Agustus 2021 lalu. 


Pencapaian tersebut di dapat atas perbaikan dan pembangunan jalan swadaya terpanjang dalam 100 hari kerja kepemimpinannya dengan metode marharoan bolon (Gotong Royong). Hal ini menjadi motivasi warga Totap Majawa dan Bah Jambi II untuk menerapkan sistem Marharoan Bolon ini di kelurahannya.


Marharoan Bolon (Gotong Royong) dalam hal pembangunan rabat beton di jalan Huta IV Desa Totap Majawa ini sangat di apresiasi oleh Pangulu Nagori Totap Majawa Erlisah Sinaga. Dirinya mengajak warga dan para perangkat desa untuk melakukan kegiatan Marharoan Bolon ini setiap hari minggu, demi kelancaran dan segera terselesaikannya rabat beton tersebut. "Walaupun tidak bisa setiap hari kita bantu tenaga, setiap hari minggu saya minta Warga dan Perangkat Desa untuk sama-sama hadir dalam melaksanakan  marharoan bolon (gotong royong) agar pembangunan ini cepat selesai ucapnya.


Masyarakat pun sangat terlihat antusias dalam hal marharoan bolon tersebut. Setiap hari minggu, warga yang ikut menghadiri gotong royong tersebut sebanyak 50 orang bahkan lebih. 


Pangulu/Kades Totap Majawa selalu mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan Gotong Royong tersebut   harus tetap senantiasa  mematuhi protokol kesehatan.  


Yakni  memakai masker dan menjaga jarak agar tidak berkerumun. "Kita marharoan bolon tetap patuhi prokes, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun saat istrahat. Penggunaan masker selain meminimalisir penyebaran covid-19 juga menjaga pernafasan dari debu pasir maupun semen" Ucap Erlisah Sinaga.


Pembangunan jalan tersebut mendapatkan pembiayaan dari anak rantau Nagori Totap Majawa dan Bah Jambi II yang diberi nama Saroha Dame. Saroha Dame mempunyai prinsip bersatu untuk membangun kampung halaman mereka agar lebih baik dan menjadi lebih maju dalam hal infrastruktur jalan. 


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar