Header Ads

 

Sepakat Tegakan Keturunan Asli 'Zuriat' Raja Negeri Padang Tebing Tinggi


TEBING - Saragih Dasalak yang berada di wilayah kecamatan Raya Kabupayen Simalungun, siang tadi minggu (25/07/2021) mengadakan pertemuan rutin dengan Saragih Dasalak/ kerurunan Raja Padang ke 12, dirumah salah satu Cucu dari Tengku Hasyim yakni Tengku Emil yang berada di wilayah  Kelurahan Bandar Sakti, Kecamatan Tebing-tinggi. 


Sejumlah keturunan Raja Negeri Padang keturunan Raja Padang dari Tebing tinggi itu yakni keturunan raja yang  ke 12.


Para Zuriat raja padang siang tadi berkumpul untuk melaksanakan pertemuan rutin dirumah  Tengku Emil.   pertemuan rutin dengan para Zuriat itu  sebagai pertemuan rutin yang kesekian kalinya diadakan.


Sebagai Silahturahmi dengan para Zuriat yang tinggal diwilayah lainnya,  pertemuan rutin itu pun dilaksanakan dirumah Tengku Emil yakni disalah satu cucu dari Tengku Hasym sebagai raja yang seharusnya menjadi Raja Nagari Padang yang  terakhir.


Hal itu dituturkan sirsilah Keturunan Raja padang dari Tebing mengaku pada awak media ini bernama Tengku Emil yang disebut-sebut  sebagai  salah seorang cucu dari keturunan raja ke 12 yang seharusnya  dinobatkan sebagai Raja Terakhir  Raja Padang ke 12 dari Tebing Tinggi.


Selain Tengku Emil pun menambahkan bahwa tapuk kerajaan sebagai raja padang terakhir semestinya Raja ke 12 yakni dari keturunan Tengku Hasyim. 


Namun belakangan ini tersiarlah bahwa para pemangku kerajan Negeri Padang  yang disinyalir para pemangku kerajaan yang bukan dari keturunan asli (Zuriat) kerajaan Negeri Padang ujar Datuk Rizky Maulana  yang sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Yayasan Kerapatan Zuriat Diraja Melayu  Negeri Padang .


Kami para Zuriat Negeri Padang khawatir, sejarah akan berbelok karena adanya oknum - oknum diluar zuriat yang diangkat menjadi pemangku adat.


Sekretaris Yayasan  Rizky Maulana, juga menegaskan bahwa secara pribadi siapapun dipersilahkan untuk mempertahankan adat dan  budaya,Namun jangan coba-coba berupaya untuk memplintir atau sengaja merubah tatanan dan berniat untuk mengubah  susunan yang sudah ada papar Datuk Rizky Maulana.


Kami para Zuriat Kerajaan Raja Padang atau Saragih Dasalak melalui Yayasan yang sudah berbadan hukum akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan norma noma adat dan budaya yang sudah ditetapkan dan diakui oleh seluruh para Zuriat Negeri Padang pungkasnya. 



DANI R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar