Header Ads

 

Masyarakat Nagori Silabah Jaya dan Sibuntuon Antusias Gelar Haroan Bolon


SIMALUNGUN - Program gerakan haroan bolon (gotong royong) Yang Merupakan Program kerja Unggulan  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) SH, Melalui Haroan Bolon guna  membangun Simalungun di bumi Habonaron Do Bona. 


Gotong Royong yang  terus berkobar seiring  berjalan waktu dalam kehidupan masyarakat guna mengatasi sejumlah masalah di tengah-tengah masyarakat itu sendiri. 


Seperti di Nagori Silabah Jaya dan Sibunton Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun,  Sumut, melaksanaan haroan bolon. Sasaran kegiatan haroan bolon yang dilaksanakan masyarakat kedua nagori tersebut yaitu memperbaiki jalan yang rusak/berlubang dengan melakukan penutupan lubang yang ada di badan jalan dengan meterial berupa pasir dan batu (sirtu), Selasa (8/6/2021).


Jalan yang menjadi sasaran masyarakat kedua nagori itu dalam marharoan bolon merupakan jalan penghubung dari Simpang Raya menuju objek wisata Tiga Ras. Dimana jalan itu juga merupakan jalan penghubung antara nagori Silabah Jaya dengan Sibuntuon. 


Terlihat masyarakat bersatu padu, saling bahu membahu dan penuh semangat bersama pemerintahan kedua nagori mengatasi kerusankan jalan penghubung di kedua nagori itu yang di koodinatori oleh Camat dan Muspika.


Menurut Camat Rulianto Girsang SPsi MSi menjelaskan bahwa untuk material yang digunakan masyarakat dalam marharoan bolon seperti batu dan pasir merupakan sumbangsih dari pangulu dan perangakatnya. 


Sementara itu Kadis Kominfo Kabupaten Simalungun Wasin Sinaga SPd MH di ruang kerjanya mengharapkan kepada masyarakat,  dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari termasuk kegiatan haroan bolon tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19. 


Bagi Kecamatan yang belum

melaksanakan kegiatan haroan bolon, Wasin meminta supaya segera melaksanakannya terutama untuk mengatasi jalan-jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan,  sehingga percepatan dalam mengatasi jalan yang rusak di Kabupaten Simalungun dapat terlaksana dengan baik. "Minimal layak jalanlah, sehingga dapat di gunakan masyarakat mengangkut hasil bumi untuk dipasarkan,"paparnya. Namun ada juga sebagaian warga yang memandang progran Haroan Bolon tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah Pemkab Simalungun dalam menyelesaian  permasalahan diantaranya  jalan rusak atau pun musibah banjir serta jaling. 


Sebagian warga mensinyalir upaya meminimalisir dana anggaran Pemkab Simalungun. Ya nama nya juga Gotong Rotong bang , mana ada dananya atau upahnya  ujar salah seorang warga pada awak media ini. 


DANI R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar