Header Ads

 

Peresmian Dua Kampung Tangguh di Pakpak Bharat di Warnai Menyantuni Anak Yatim


PAKPAKBARAT - Waka Polres Pakpak Barat, Kompol Elisa Sibuea S.Sos kembali Resmikan dua Kampung Tangguh diantaranya Kampung Nduma Sindeka Desa Sukaramai Kecamatan Kerajaan dan Desa Buluh Talang  Kecamatan Tinada, Rabu (17/03/ 2021) sekira pukul 10.00 wib.


Peresmian pertama dilaksanakan  di Desa Sukaramai yang  bertempat di Aula Kantor Desa Sukaramai Kecamatan Kerajaan. Prosesi peresmian dihadiri Waka Polres Papak Bharat, Bupati Pakpak Bharat diwakili Kasi Pemdes ,Hasan Basri Boang  Manalu, Kapolsek Sukaramai,  AKP J. Peranginangin SH. Kasat Binmas Polres Pakpak Bharat, AKP Suharmono, SH, Camat Kerajaan yang di wakili M. Hutabarat.Personil Bhabinkamtibmas Polsek Sukaramai Brigadir FERI Wardana, Kepala Desa Sukaramai, Hitra Br Situmorang. Babinsa Koramil kerjaan SERDA Jumain. Beserta Sejumlah Tokoh  agama,Tokoh Adat,Tokoh masyarakat Desa Sukaramai  Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat.



Rombongan FORKOPIMDA disambut oleh 3 Pilar Desa dan Langsung menuju kantor Desa  Sukaramai Kecamatan  Kerajaan  Kabupaten Pakpak Bharat. seperti biasa  Kata  sambutan dari protokol, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa oleh Tokoh Agama. 


Kata Sambutan oleh Kepala Desa Sukaramai, dilanjutkan dengan Kata Sambutan oleh Kapolres Pakpak Bharat yang di wakili oleh Waka Polres   Kompol Elisa Sibuea. 

Kata Sambutan Bupati Pakpak Bharat yang di wakili  Kasi PEMDES, Hasan Basri Boang Manalu  Sekaligus meresmikan Kampung Tangguh Nduma Sindeka Desa Sukaramai  Kecamatan Kerajaan dan Buluh Talang Kecamatan Tinada di wilayah Pemerintahan  Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara.


Serta  Pengecekan rumah Isolasi dan Pengecekan Ketahanan Pangan dan juga penaburan bibit Ikan Lele  di Desa Sukaramai Kecamatan Kerajaan  Kabupaten Pakpak Bharat. 

Pemberian Bansos kepada anak2 yatim piatu di Desa Sukaramai. 


Sementara tepat  pukul 12.30 WIB, 

Rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Buluh Telang Kecamatan Tinada untuk  meresmikan Kampung Tangguh Yang ke 2. 


Bahwa tujuan utama Pembentukan Kampung tangguh "Nduma Sideka Desa Sukaramai  Kecamatan Kerajaan dan Kampung tangguh di Buluh Talang kecamatan  Kab Pakpak Bharat, adalah dalam rangka pelaksanaan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Pandemi covid-19 di Kab. Pakpak Bharat, dengan rencana aksi yang meliputi:


Membentuk posko pencegahan dan penanganan Covid-19,  pada tiap Desa yang bertugas untuk melakukan Testing, Tracing, Treatment (3T). Kegiatan Yustisi untuk menindak dan mengedukasi masyarakat agar tumbuh kesadarannya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan patuh dan disiplin menerapkan 5 M secara permanen dan menjadi budaya yang hidup dimasyarakat.


Mendorong masyarakat Desa untuk membuat program pemberdayaan sumber daya alam yang dimiliki menjadi areal pertanian, perikanan, peternakan untuk mendukung ketahanan pangan sekaligus untuk mendukung program pemerintah dalam pemilihan ekonomi nasional (PEN) Program pembentukan kampung Tangguh Nasional ini adalah merupakan Program Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan sampai ke tingkat Desa bahkan dusun atau RT/RW, dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melibatkan seluruh instansi terkait dan elemen masyarakat, sehingga tumbuh kesadaran dan komitmen semua pihak di tingkat desa untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan menjadikan Prokes dan 3 T menjadi kebiasaan /budaya yang hidup dimasyarakat, sampai akhirnya Covid-19 benar-benar hilang dari bumi NKRI.


Latar belakang PPKM ini adalah dimana Pada Tahun 2020 Pemerintah Pusat telah mengucurkan dana yang sangat besar untuk penanganan dan pencegahan Pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) di Indonesia, Namun angka penyebaran covid-19 masih menunjukkan  angka yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara- negara lain, sehingga Pemerintah pusat menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan.


Pembentukan Kampung tangguh Nduma Sindeka Desa Sukaramai  Kecamatan Kerajaan Kab. Pakpak Bharat, selain  dalam rangka untuk mencegah penyebaran Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) juga untuk mendorong warga desa untuk mempersiapkan diri dalam hal Ketahanan Pangan dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa sebagai sumber pangan dan dapat meningkatkan pendapatan perkapita warga desa


Dalam kesempatan ini saya selaku Wakapolres mengajak seluruh warga masyarakat untuk selalu taat dalam melaksanakan protokol kesehatan dan siap dalam upaya mencegah penyebaran covid19, sehingga dapat mempertahankan status Zona Hijau di Kabupaten Pakpak Bharat. 


Dari segi keamanan Wakapolres Pakpak Bharat menegaskan kepada masyarakat dan para Tokoh2 agama, agar menolak praktek praktek perjudian, penyalahgunaan narkoba dan perbuatan melanggar hukum di Desa Sukaramai Kec Kerajaan Kab. Pakpak Bharat sebab perjudian dan narkoba merusak generasi muda. 


Pada kesempatan ini, saya selaku Ketua Sapu Bersih Pungutan liar (Saber Pungli ) Kab. Pakpak Bharat, mengingatkan kepada semua pihak terkait yang terlibat dalam penyaluran dana bansos, anggaran negara dan pelayanan masyarakat untuk menghindari praktek-praktek pungli dengan cara membangun budaya anti koruptif dan tertib administrasi, untuk mendukung pencanangan Kabupaten Pakpak Bharat sebagai salah satu dari 6 Kabupaten /Kota yang ditetapkan sebagai  Kabupaten bebas dari pungli," pungkasnya.


Dani R


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar