Header Ads


 

Waspadai Bencana Alam, Polres Simalungun Gelar Apel Aman Nusa II TOBA 2020


SIMALUNGUN - Bertempat di Halaman Mapolres Simalungun, Polres Simalungun menggelar Apel Gelar Pasukan Oprasi Kontijensi Aman Nusa II TOBA 2020 dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Senin (09/11/2020)


Dalam kegiatan tersebut Bupati Simalungun JR Saragih bertindak selaku inspektur upacara yang juga dihadiri oleh Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207/Simalungun  dan tamu undangan lainnya.


Bupati Simalungun dalam amanatnya mengatakan tujuan apel untuk mengecek kesiapan personel gabungan Polri, TNI, BPBD, BASARNAS dan instansi terkait lainnya beserta peralatannya dinyatakan siap siaga dalam mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Simalungun.


Karena akhir-akhir ini, selain ancaman pandemi Covid-19 yang perlu diwaspadai adalah cuaca yang sangat ekstrim, seperti curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencamg yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir.


"Sekarang kita berada di ujung tahun 2020 yang biasanya mengalami curah hujan yang tinggi.Dan sebagian Wilayah Simalungun berada pada dataran tinggi,"kata Bupati


Lanjut Bupati, selain memiliki wilayah dataran tinggi, Kabupaten Simalungun juga memiliki banyak sungai yang berpotensi terjadinya bencana alam.


Bahkan berdasarkan catatan Pemkab Simalungun ungkap JR Saragih,pada tahun 2019 terdapat empat kasus banjir besar yang melanda wilayah Simalungun.


"Pelibatan Polri secara aktif dalam upaya membantu penanganan bencana, melakukan pengamanan dan pengusian terhadap gangguan dari pihak pihak yang tidak bertanggungjawab,"ucap JR Saragih


Diakhir sambutannya, Bupati Simalungun itu mengatakan seluruh pihak untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah kabupaten Simalungun.


Setelah pembacaan amanat Bupati Simalungun dinyau selesai, Bupati Simalungun,Kapolres Simalungun dan beserta pimpinan instansi terkait berkeliling mengecek kesiapan pasukan. 


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar