Header Ads

 

Usai Ditemukan, Peluru Mortir Diledakan Tim Jibom Polda Sumut di Area Perladangan Sawit


SIMALUNGUN - Sejumlah petugas kepolisian dari Jibom Gegana Sat Brimob Poldasu, Polres Simalungun bersama polsek Tanah Jawa meledakkan peluru mortir yang ditemukan warga itu perladangan sawit masyarakat yang beralamat Nagori Maligas Tongah Kecamatan Tanah Jawa, Rabu (11/11/2020) sekira pukul 15:303 wib.


Namun saat terjadinya eksekusi peluru mortir tersebut, personil kepolisiaain lainnya melakukan pengamanan di TKP. Adapun jenis Mortir yang diamankan oleh Jibom Sat Brimob Poldasu adalah jenis Mortir M Kaliber 30.


Sebelumnya, Jibom Gegana Sat Brimob Poldasu melakukan pengamanan terhadap 1 buah Mortir dengan cara membungkusnya, selanjutnya memindahkan mortir itu kedaerah yang lebih jauh dari permukiman warga (minimal radius 100 Meter). Mortir yang sudah dipindahkan ditanam dititik yang telah ditentukan lalu diledakkan dengan dinamit.


Peluru mortir itu awalnya ditemukan  Selamat Widodo dan Riski Hasan di lahan ladang milik marga Manik, tepatnya di dalam parit/drainase, Selasa (10/11/2020)lalu.


Begini kronologis menurut pihak kepolisian, pada hari Selasa tanggal 10 Nopember 2020, sekira pukul 10.00 wib  Selamat Widodo yang saat itu bersama dengan cucunya Riski Hasan sedang bekerja mencari bambu di ladang alamat Buntu Gunung Huta Jaya Parmonangan Nagori Maligas Tongah Kabupaten Simalungun milik Marga  Manik. 


Namun sambil mencari bambu diladang tersebut Selamata Widodo dan cucunya ada menemukan 1 buah Mortir yang terletak di dalam parit Ladang tersebut.


Selamat Widodo bersama dengan cucunya mengambil dan membawa mortir yang ditemukan ke ladang depan rumahnya dengan maksud untuk mengamankan sementara.


Pada pukul 17.00 Wib, Selamat Widodo ada memberitahukan kepada Kilson Manik di Kedai Tuak milik Kislon Manik selanjutnya oleh Kilaon Manik pun  menyampaikan informasi tersebut kepada pihak Kepolisian Polsek Tanah Jawa Polres Simalungun. 


Pada pukul 20.00 Wib personil Polsek Tanah Jawa bersama Pangulu Nagori Maligas Tongah Wardiono langsung melakukan cek TKP penemuan pertama sebuah mortir oleh Selamat Widodo, dan tempat penyimpanan sementara Mortir tersebut. 


Pihak Polsek Tanah Jawa Polres Simalungun langsung melakukan pengamanan statusquo tempat 1 buah mortir tersebut diamankan sambil menunggu pihak Jibom Sat Brimob Sub Den 2 Pematangsiantar. 


Personil Polsek Tanah Jawa bersama dengan Pangulu Nagori Maligas Tongah Wardiono menghimbau masyarakat sekitar agar tidak mendekati tempat penyimpanan Mortir tersebut untuk menjaga hal - hal yang tidak diinginkan sampai pihak Jibom Sat Brimob Sub Den 2 Pematangsiantar datang ke TKP dan mengamankan mortir tersebut yang selanjutnya berkoordinasi dengan personil Brimob Polda Sumut guna dilakukan penghancuran. 


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar