Header Ads

 

Tidak Semua Masalah Harus Masuk Pada Ranah Hukum, Penyelesaian Tuntas Dengan Problem Solving


SIMALUNGUN - Personil Babinkamtibmas Polsek Perdagangan, Bripka Juara M Gultom peduli pada Warga Binaan melalui sistem pelaksanaan oleh personil Bhabinkamtibmas Polsek Perdagangan Polres Polres Simalungun. Yang mana dapat menyelesaikan Permasalahan Warganya dengan Sistem Problem Solving, Jumat (18/9/2020). 


Ciptakan Kamtibmas kondusif ditengah masyarakat Bhabinkamtibmas selalu hadir di desa binaannya untuk menjalin tali silaturahim dan mengetahui perkembangan situasi serta permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. 


Perselisihan yang terjadi antara warga pada Desa binaannya ini bermula dari sebuah sebuah kesalah pahaman yang terjadi antara seorang warga bernama Nuriani Sijabat (46), Andre Hutapea (12), kepada seorang warga lainnya Dorce Magdalena Sigalingging (67). 

Hingga mengakibatkan perkelahian, Lorong Bakti Kelurahan Perdagangan I Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungu,  yang sempat  sudah Viral diMedia sosial pada hari kamis tanggal 17 September 2020 lalu.


Mengetahui dan sudah viral dimedia sosial tentang adanya perselisihan ditengah warganya, Bripka Juara M Gultom selaku personil Bhabinkamtibmas Lorong Bakti Kel.Perdagangan I Kecamatan Bandar menanggapi informasi tersebut dengan mendatangi keduanya dan mempertemukan keduanya untuk mencari akar permasalahan diantara keduanya dan menengahi permasalahan tersebut. Dengan menempuh jalan musyawarah  kekeluargaan yang berselisihpun kemudian menerima untuk berdamai. 

Bertempat di Kediaman, Dorce Magdalena Sigalingging dan didampingi Lurah Perdagangan TIARLI AMBARITA, S.H., disaksikan Kepling Zuniati Nainggolan kemudian Bripka Juara M Gultom melakukan klarifikasi terhadap keduanya. 


Tentang permasalahan diantara keduanya lalu melakukan tindakan mediasi antara kedua belah pihak. Dan setelah bermusyawarah akhirnya tercapai kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan.


Dengan bimbingan dan arahan, keduanya akhirnya sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan secara kekeluargaan dan saling memaafkan diantara keduanya serta sepakat tidak mengulangi perbuatan tersebut itu. 


Kesepakatan diantara keduanya ditandai dengan saling berjabat tangan diantara keduanya kemudian kesepatan tersebut tertuang pada Surat Kesepakatan Bersama untuk saling memaafkan dan menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

Kapolsek Perdagangan AKP Josia, S.H.,M.H., dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian perkelahian tersebut namun tidak membuat Laporan Pengaduan di Polsek Perdagangan karena telah dilakukan Problem Solving oleh Bhabinkamtibmas, Kasubbag Humas Polres Simalungun Akp Lukman Hakim Sembiring saat dikonfirmasi Awak Media ini membenarkan adanya perkelahian tersebut terkait perselisihan dua orang warga Lorong Bakti Kelurahan Perdagangan I Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun. 


Namun perselisihan keduanya telah ditengahi dan dimediasikan oleh personil Bhabinkamtibmas sehingga tercapai kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan perselisihan tersebut secara kekeluargaan. Dan untuk Video pertengkaran yang sudah sempat viral, Akp Lukman juga menjelaskan bahwa yang merekam juga dari keluarga Nuriani yang melihat perkelahian tersebut dan langsung memvidiokan kejadian tersebut.


Kita juga memberikan pembinaan bagi keluarga ibu Nuriani untuk tidak melakukan hal yang serupa dikemudian hari, dan agar segera video tersebut dihapus dari akun media sosial yang bersangkutan, karena ini dapat menimbulkan propokasi bagi masyarakat yang lain, hingga dapat menjadi perbuatan-perbuatan uang tidak kita inginkan, dan untuk masyarakat Akp Lukman juga menberikan himbauan agar pandai-pandai menggunakan sosial media, jangan disalah gunakan hingga menimbulkan kerugian bagi orang lain terang Kasubbag Humas.

Dengan Kesepakatan Bersama untuk saling memaafkan dan menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan yang dilakukan 


Bripka Juara M Gultom menunjukan bahwa semua permasalahan dapat diselesaikan dengan kepala dan hati yang dingin serta kehadirian sosok personil Bhabinkamtibmas Polri ditengah masyarakat yang sangat berandil besar memberikan kenyamanan dan ketentraman kehidupan bermasyarakat, dan tidak lupa Bripka Juara M Gultom juga menyampaikan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru, dengan menginplementasikan Protokol Kesehatan, disiplin menggunakan masker, tetap jaga kebersihan selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu berfikiran positif dengan tetap mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai keyakian kita masing-masing. 


Dani R

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar