Header Ads

 

Wakil Walikota Buka Pelatihan Kerja Batam, Ribuan Peserta Padati Wisma PIH Batam Center

BATAM - Pemerintah kota Batam melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) resmi membuka Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Tenaga Kerja tahun 2019, pembukaan acara itu digelar di ruang wisma Kementrian Agama Batam Center. Selasa (19/2/2019) pagi sekitar pukul 09.00 wib.

Pantauan media ini, ribuan para peserta pelatihan yang terdiri pencari kerja dan tenaga kerja yang sudah bekerja di perusahaan memadati ruangan wisma Kementerian Agama Batam (PIH) tersebut.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad didalam kata sambutannya saat membuka acara pelatihan tersebut mengatakan, selama tiga tahun kemimpinan Rudi sudah berhasil menciptakan 7.093 para tenaga kerja bersetifikasi skill dari berbagai jurusan berbeda.


"Pada tahun 2017 lalu, ada sebanyak 2.545 orang. Tahun 2018 sebanyak 2.320 orang, dan untuk tahun 2019 saat ini 3.228 orang," ungkap Amsakar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Batam Rudi Syakariti mengatakan memulai kegiatan pelatihan kerja tersebut mengatakan selamat datang kepada ribua peserta pelatihan.

“Sesuai aturan, 70 persen dana Izin Mempekerjakan Tenaga kerja Asing (IMTA) itu harus dilaksanakan Disnaker dalam bentuk pelatihan. Maka kita adakan kegiatan ini,” Ujar Rudi.

Menurutnya, jenis pelatihan yang dilaksanakan setiap tahun berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Tahun 2019 ini, diadakan pelatihan pada 33 bidang keahlian untuk 925 pencari kerja. Serta 51 bidang pelatihan peningkatan kapasitas tenaga kerja untuk 1.303 orang peserta.

“Bidangnya bermacam-macam. Tapi sebagian besar industri, lalu pariwisata. Tahun ini kita lebih banyak bidang pariwisata. Dari 51 jenis pelatihan, 20 di antaranya sektor pariwisata. Mulai dari front office, Bahasa Inggris pariwisata, sampai sekuriti pariwisata,” tuturnya.

Lanjutnya lagi, “Kenapa sekuriti pariwisata dibedakan tentu ada tujuannya. Protap (prosedur tetap) kerjanya tentu berbeda dengan sekuriti industri. Pariwisata mungkin lebih banyak keramahannya,” pungkasnya.

Editor Gordon
Liputan Caisar Manalu.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar