Header Ads


 

Kunjungan Kapolda ke Simalungun, Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas di Sumut

SIMALUNGUN - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Andrianto menyampaikan bahwa berita hoax dan ujaran kebencian menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presidan dan Wakil Presiden (Pilpres) akhir akhir ini semakin memprihatinkan. Saling bermusuhan karena berbeda paham dan pandangan politik menjadi hal yang biasa.

Hal tersebut disampaikan Kapoldasu dalam kunjungannya di Kabupaten Simalungun dalam rangka menghadiri kegiatan Family Gatering SP BUN PTPN 4 dan Polda Sumut sekaligus deklarasi Pemilu Damai 2019 di wilayah hukum Polda Sumut, bertempat Lapangan Pabrik Teh Tobasari, Nagori Sidamanik Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Minggu ( 17/02/2019)

Menurut Kapolda, situasi seperti itu tidak  bisa dibiarkan karena dapat berdampak bagi kehancuran Bangsa. Menjaga keamanan dan ketertiban merupakan tugas bersama baik Aparat maupun masyarakat.
Kapolda juga mengapresiasi komitmen masyarakat PTPN 4 dalam menjaga keamanan dan ketertiban jelang pelaksanaan Pemilu. "Mari kita rapatkan barisan untuk menjaga Kamtibmas di Sumatera Utara agar pembangunan tetap dapat berlangsung dengan baik," ujar Kapolda.
Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Simalungun DR JR Saragih, SH, MM bersama Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten dan para pimpinan organisasi perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemkab Simalungun serta sekitar 5.000-an massa yang merupakan anggota SP BUN PTPN IV.
Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya mengapresiasi Polda Sumut dan PTPN 4 dalam melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di daerah Kabupaten Simalungun.

“Warga Simalungun banyak bekerja sebagai karyawan PTPN 4, sehingga dengan himbauan seperti ini akan dapat meningkatkan kekondusifan di wilayah Kabupaten Simalungun,”ujarnya.

Terkait akan dilekasanakannya pesta demokrasi Pileg dan Pilpres, Bupati mengharapkan melalui kegiatan ini, tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih di TPS semakin meningkat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar memilih calon yang berpihak pada kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Simalungun dan terutama kawasan Danau Toba,"kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Umum SPBUN PTPN 4, Wispramono Budiman dalam sambutannya menyampaikan serikat pekerja perkebunan di 10 Kabupaten/ Kota memiliki 23 ribu anggota yang merupakan karyawan PTPN 4. Dia meminta kepada anggota SPBUN PTPN 4, agar menjelang Pemilu mendatang tidak mudah terhasut dengan berita hoax, ujaran Kebencian dan Sara.

Situasi yang aman dan tertib akan memudahkan para karyawan dalam melaksanakan tugas, sehingga meningkatkan produktivitas dan berdampak pada kemajuan PTPN 4.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut yang tetap menjaga keamanan dan ketentraman agar kami dapat bekerja dengan tenang, sebab kami menggantungkan hidup dari PTPN, jika Sumut aman maka kami dapat bekerja dengan baik seperti selama ini," ujar Wispramono.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PTPN 4, Siwi Peni dalam sambutannya menyampaikan kepada para karyawan PTPN 4 yang berjumlah sekitar 23 ribu orang dan Pensiunan sekitar 35 ribu agar tidak mudah  terhasut dengan maraknya berita hoax dan ujaran kebencian.  Fokus para karyawan adalah meningkatkan kinerja dan menjaga Kamtibmas di lingkungannya agar PTPN 4 tetap eksis dan jaya, sehingga berdampak pada kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar.

Saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres, Siwi mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kewajiban sebagai warga negara.

"Kita berhak memperoleh pemilu damai dan kita berkewajiban menjaga pemilu damai," ujarnya.


Sebelumnya, kehadiran Kapoldasu di Kabupaten Simalungun disambut oleh Bupati Simalungun bersama Dirut PTPN 4 dan Ketua SP BUN. Kegiatan Family Gathering tersebut diawali dengan Tea Walk (jalan sehat) sepanjang 3 km menyusuri perkebunan teh PTPN 4 dan dilanjutkan dengan senam Maumere dan Poco poco.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2019 oleh Pengurus SPBUN PTPN 4. Selanjutnya pelepasan Burung Merpati dan Balon oleh Kapolda, Dirut PTPN 4, Bupati Simalungun serta para undangan, juga pengundian lucky draw dan pemberian bingkisan sebanyak 8000 paket bagi para siswa sekolah yang merupakan anak anak dari karyawan PTPN 4.

Pres rilis/Dani R
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar