Header Ads


 

Hutan Pinus Gunung Sipisopiso Terbakar

Lokasi titik kebakaran.
SIMALUNGUN - Telah terjadi kebakaran hutan & lahan di Gunung Sipisopiso, Desa Sinar Nagamariah, Kecamatan Pamatang Silimakuta, wilayah Koramil 12/SD Dim 0207/Simalungun. Minggu (26/8/2018) sekitar pukul 20.15 WIB

Pantauan dilapangan, si jago merah melahab habis sekitar 40 hektar hutan pinus dan kayu alam serta padang rumput (sabana) yang disinyalir karena musim kemarau sehingga mengering dan mudah terbakar.

Menurut keterangan Pangulu/Kepala Desa setempat Girsang dan masyarakat, api pertama kali terlihat di perbukitan gunung Sipisopiso perbatasan wilayah Kab. Karo Desa Sibolangit Kec. Merek dan wilayah Kab. Simalungun Desa Sinar Nagamariah Kec.pamatang Silimahuta.

Saat laporan ini dikirimkan kobaran api semakin membesar disebabkan tiupan angin yang cukup kencang sehingga api membakar kawasan hutan seluas lebih kurang 40 Ha.

Di lokasi kebakaran turun langsung Kapolres Simalungun AKBP M. Liberti Panjaitan, didampingi Wakapolres Kompol Zulkarnain, Kabag Ops Kompol H. Situmorang, Danramil Saribudolok Kapten Arm I.E.Tampubolon, Kapolsek Seribudolok AKP. B. Pakpahan, Kaposko Karhutla Iptu Masrianto, Kbo Intelkam Iptu Yusri Siregar dan Personel Siaga Mako  beserta anggota  Manggala Agni Daops Aek Nauli, BPBD Kabupaten Simalungun, personil koramil Seribudolok, Kapolsek Tigapanah dan anggota terjun langsung kelokasi kebakaran dan berupaya melokalisir untuk menghempang kobaran api agar tidak menjalar luas dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran dan peralatan yang ada walau  sangat sulit mengingat lokasi kebakaran berada di ketinggian gunung Sipisopiso dengan sudut kemiringan 45° dan sulitnya mendapatkan sumber air serta angin kencang.

Hingga berita ini diturunkan, penyebab  kebakaran hutan gunung Sipisopiso hingga saat ini masih dalam penyelidikan Polres Simalungun.


Pres rilis/Dani R
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar