Header Ads

 

Waw, Tapanuli Utara Merupakan Salah Satu Jalur Gempa Aktif

MEDAN - Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan Tapanuli Utara merupakan salah satu daerah yang masuk jalur gempa aktif. Hal itu terkait kejadian gempa pada Sabtu-Minggu (24-25 Februari) kemarin

"Tapanuli Utara daerah yang memang dilalui jalur gempa aktif. Jadi sering gempa," ungkap Syahnan saat berbincang, Senin (26/2/2018).

Ia mengatakan, gempa yang sering terjadi di Tapanuli Utara adalah gempa dengan skala yang kecil. BMKG terus memantau aktifitas gempa di sana.

"Kita punya sensor gempa ada di sana. Kita memonitornya dari balai besar di Medan. Selain itu, daerah dengan jalur gempa aktif lainnya termasuk Karo dan Deli Serdang," sambung Syahnan.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu negatif dan selalu waspada.

"Kita berharap masyarakat tetap waspada, ikuti informasi dari BMKG maupun BPBD setempat. Jangan terpancing isu negatif," terang Syahnan.

Sebelumnya, pada Sabtu (24/2) kemarin, gempa berkekuatan 5,0 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara. Gempa ini sempat membuat warga panik.

"5,0 SR kemarin membuat (warga) panik. Tidak ada korban. Soal kerusakan belum dapat laporan. Ada beberapa gempa susulan dibawah gempa utama yang dirasakan," pungkasnya.

sumber : Detik.com
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar