Header Ads

 

Alamak, Ada Balita Terjangkit Virus Difteri di Simalungun

SIMALUNGUN - Kepala Dinas Kesehatan melalui Kabid P2P, Sarubabel mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan seorang balita disinyalir terjangkit virus Difteri disalah satu Desa di wilayah Nagori Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun pada Kamis 01/03/2018 lalu.

"Ada balita diduga terjangkit Difteri, tapi sudan dirujuk ke RS umum Adam Malik Medan untuk mendapatkan perawatan," ujar Sarubabel, Rabu (6/2/2018) kepada Medanterkini.com,

Menurut Sarubabel penularan penyakit Difteri bisa saja terjadi dari air liur, kontak luka dan benda-benda yang terkontaminasi pada sipenderita. Sedangkan untuk mencegah penularannya dapat menggunakan masker serta menvaksinasi ulang seluruh yang kontak dengan penderita, menjauhkan teman sekolah dan juga seluruh penduduk wilayah dimana Penderita tinggal.

"Tanda-tanda sipenderita adalah panas demam mencapai 38", bengkak dileher yang mengakibatkan susah bernapas, dan dapat gagal ginjal  yang mengakibatkan sipenderita meninggal," katanya.

Ia pun menegaskan, atas kejadian tersebut pihak akan melakukan vaksinasi secara massal si daerah Dusun Silulu, Kecamatan Gunung Malela ditempat ginggal si penderita.

"Kita sudah rencanakan tanggal 7/02/2018) Dinas Kesehatan  akan melakukan vaksinasi secara masal. Dan semua ditanggung oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan RI. Dan kami hanya melaksanakan saja,"  pungkasnya.

Editor    : AR
Liputan :  Dani R
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar