Header Ads

 

Puncak Arus Mudik Liburan Natal dan Tahun Baru 2018 di Prediksi Terjadi Malam Ini di Pelabuhan Bakaheuni Merak

Foto : Ilustrasi/net.
JAKARTA - Puncak arus libur Natal dan Tahun Baru 2018 di Pelabuhan Bakaheuni, Merak, Banten di prediksi akan terjadi pada malam ini. Hal itu dikatakan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa, Jumat (22/12/2017) kemarin.

"Prediksi malam ini pukul 12.00 malam sampai pukul 02.00 pagi, puncak (arus mudik) di Merak," Ungkapnya,

Dia mengaku, telah meninjau dan melihat langsung kondisi pelabuhan pada Jumat pagi ini. Namun, saat dia meninjau, belum terlihat antrean panjang kendaraan yang hendak masuk ke pelabuhan.

"Tadi pagi kami landing pukul 09.15 WIB masih sepi, walaupun ada kenaikan dari hari biasa 10 persen, tapi masih kondusif. Antrean tidak panjang, masih lancar. Enam dermaga masih berfungsi," ucap dia.

Boyke menambahkan, kondisi Tol Merak juga belum ada peningkatan kendaraan secara signifikan. Dalam kunjungannya itu Royke ditemani oleh Asisten bidang Operasi Kapolri Irjen Mochammad Iriawan. "Jalan tol untuk Jakarta Merak masih kondusif," kata Royke.

Sebelumnya, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Fahmi Alweni menyebut terjadi penurunan jumlah orang yang menyeberang ke Sumatera pada musim libur saat ini. Bila dibandingkan tahun lalu, penurunan mencapai 0,4 persen. Dalam lima hari terakhir, yaitu antara 18-22 Desember 2017, tercatat sudah 121.685 orang menyeberang. Sementara, pada tahun lalu jumlah orang yang menyeberang sebanyak 122.233 orang.

Fahmi menjelaskan, untuk kendaraan roda dua, tercatat 2.461 unit. Sementara, untuk kendaraan roda empat yang menyeberang sebanyak 13.071 unit. Adapun kendaraan dengan roda lebih dari empat tercatat 24.462 unit. "Sehingga, total kendaraan seluruhnya yang telah menyeberang ke Bakauheni mencapai 26.923 unit atau naik 6,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 25.325 unit," jelas Fahmi.

sumber Kompas.com /red
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar