Header Ads

 

Hei Tamu Undangan Syukuran Bobby-Kahiyang , Jangan Lupa Nih...Oleh-Oleh Khas Medan

Kain Ulos Batak dijadikan Gaun, foto Isimewah/Net.
MEDANTERKINI.COM - Acara resepsi pernikahan Putri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni Kahiyang dan Boby digelar di Medan tentunya diramaikan seluruh masyarakat dari berbagai daerah yang ada.

Bagi masyarakat yang menghadiri acara resepsi penihakan Kahiyang dan Boby, saatnya Anda membeli buah tangan khas dari Medan, Ibu Kota Sumatera Utara ini. Karena Medan memiliki oleh-oleh yang amat beragam.

Anda bisa membawa jenis kain tradisional Sumatera Utara, kue-kue khas, hasil laut, hasil pertanian, hingga durian yang tumbuh subur di Kota Medan dan sekitarnya.

Berikut jenis oleh-oleh khas Medan :

1. Kain Ulos
Jika di beberapa daerah terdapat batik, kain ulos-lah yang eksis di Sumatera Utara khususnya Medan. Kain ini tak hanya sebagai kain khas, namun juga merupakan identitas kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

Kain ini wajib digunakan dalam berbagai macam ritual mulai dari upacara pernikahan, pemakaman, sampai penyambutan tamu. Kain ulos berbentuk selendang panjang biasa digunakan dengan cara dislempangkan di badan atau dijadikan ikat kepala.

Proses pengerjaan yang rumit dan lama menjadikan kain ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan sangat cocok menjadi buah tangan. Kain ini bisa ditemukan di sentra penjualan kain ulos di Jalan AR Hakim Gang Pendidikan No130, Kelurahan Binjai, Kota Medan.

2. Bika Ambon


Sajian kue khas yang satu ini amat tersohor kenikmatannya. Tekstur yang berserat juga legit membuat siapapun yang mencicip bisa ketagihan. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur dan air nira.

Meskipun menggunakan embel-embel nama Ambon, tetapi jajanan ini dikenal sebagai oleh-oleh khas kota Medan. Selain jadi oleh-oleh wajib, kue ini juga kerap hadir di berbagai acara syukuran keluarga dan upacara adat.

Kini bika ambon sudah tak melulu bercita rasa original, ada juga rasa keju dan pandan. Tempat yang menjual bika Ambon populer di Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit No 62 dan 96 D-E-F.

3. Sirup Buah Markisa


Melihat botol-botol tingginya di pusat oleh-oleh Medan saja sudah terbayang kesegarannya. Kesegaran buah markisa ini tinggal Anda nikmati instan dengan es batu dan segelas air di tengah teriknya siang.

Buah markisa sebagai bahan dasar sirup biasanya didatangkan dari Brastagi, tak jauh dari Medan.

Ada dua jenis sirup yang terkenal di Medan yaitu Markisa Jus Pohon Pinang dan Markisa Sarang Tawon. Untuk mencicipinya Anda tinggal arahkan kendaraan menuju berbagai sentra oleh-oleh di Kota Medan.

4. Kopi Sidikalang

Bagi pecinta kopi, tentu akrab dengan daerah Sidikalang. Daerah yang letaknya tak jauh dari Medan ini memang jadi salah satu penghasil kopi terbaik di Sumatera.

Sidikalang merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 1.472 meter di atas permukaan laut. Tanah yang subur ini cocok untuk bertanam kopi dan mampu menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

Tak heran kopinya kian dicari banyak orang, dan sangat cocok bagi oleh-oleh perjalanan Anda di Medan. Tak perlu jauh-jauh ke Sidikalang, kopi tersebut tersedia di berbagai sentra oleh-oleh dan pasar tradisional Medan.

5. Teri Medan

Ini dia salah satu ikan teri paling nikmat sekaligus termahal di Indonesia. Bentuknya yang kecil dan halus, membuat ikan teri medan nikmat untuk diolah dengan beragam jenis bahan makanan.

Di kota asalnya, teri yang berwarna putih ini biasa dimasak bersama sambal kacang. Rasanya. tak perlu diragukan lagi. Sambal teri kacang dengan sepiring nasi hangat akan membuat lidah dan perut terpuaskan.

Teri medan juga dijual mentah dan dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga Rp 70.000 – Rp 80.000 per kilogram. Jika ingin membelinya sebaga oleh-oleh, Anda bisa datang ke Jalan Majapahit dan sekitarnya. Di sana berderet penjual teri medan mentah.

6. Bolu Meranti

Kue gulung dengan tekstur lembut ini sudah jadi ciri khas oleh-oleh dari Medan. Rasanya yang creamy dan legit membuat banyak wisatawan "kecanduan".

Kini bolu meranti memiliki beragam varian rasa mulai dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang sampai blueberry. Bolu dapat bertahan sampai tiga hari di luar lemari es. Anda bisa membelinya di Jalan Kruing 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B.

7. Kacang Sihobuk

Kacang yang berasal sari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara ini rasanya manis dan gurih. Tesktur yang garing dan renyah akan membuat Anda tak bisa berhenti mengunyahnya.

Kacang ini dimasak menggunakan pasir yang membuatnya memiliki rasa yang khas, dan tentunya lebih sehat. Kacang Sihobuk dijual dalam berbagai kemasan juga ukuran dan mudah ditemui di toko oleh-oleh di kota Medan.

8. Manisan Buah

Berdekatan dengan daerah penghasil buah-buahan berkualitas, yaitu Brastagi, membuat Medan punya kreasi oleh-oleh dari buah buahan. Beragam buah seperti salak, mangga, pepaya, belimbing, kedondong, jambu air, serta jambu biji dioleh menjadi manisan yang segar.

Manisan di Medan biasanya kering dengan bagian gula yang menempel utuh. Selain itu ada juga manisan basah, dengan gula cair yang meresap di buahnya.

Olahan manisan buah-buahan itu dapat Anda temui di Jalan Kriung, Medan, berseberangan dengan gerai Bolu Gulung Meranti yang juga sudah terkenal menjadi oleh-oleh khas Medan.

9. Durian dan Olahannya

Berkunjung ke Medan, kurang afdhol jika tidak mencicipi si "raja buah". Durian medan sudah sangat terkenal citarasanya.

Hebatnya, durian ini bisa tumbuh sepanjang tahun di Medan dan kota-kota sekitarnya. Tak heran Medan menjadi pemasok durian terbesar sepanjang tahun untuk berbagai daerah di Indonesia.

Alhasil beragam olahan durian pun dapat Anda nikmati di Medan, dan membawa pulang tentunya. Seperti pancake durian, es krim durian, jus durian, dan banyak lainnya. Anda bisa berkunjung ke gerai Ucok Durian di jalan Wahid Hasyim.

Jangan khawatir bagi yang ingin membawanya naik pesawat. Karena di sini telah ada pelayanan kemasan khusus.

10. Risol Spesial Gogo

Oleh-oleh penganan dari Medan tak hanya bolu gulung dan bika Ambon. Anda bisa membeli risol berkulit tipis ala Medan yakni Risol Spesial Gogo.

Kulit risol berumur tepung panir yang halus, berpadu dengan isi berupa buncis, kentang, wortel yang diiris halus dan lunak. Ada juga daging ayam yang dipotong kecil.

Isi di dalam risol begitu lembut dan gurih. Perpaduan krim dan susu membuat risol ini menjadi kaya rasa. Kedai Risol Gogo dapat ditemui di kawasan Jalan Majapahit. (sumber Kompas.com)

red.

Comments
2 Comments

2 komentar

Unknown mengatakan...

Segera daftar dan dapatkan FREECHIP 15.000 hanya di www. lemonpoker1. com
hanya dengan like dan share FANSPAGE saja sudah bisa mendapatkan FREECHIP LANGSUNG KE ID anda, buruan daftar yuk..!! tunggu apa lagi ^^
* syarat dan ketntuan berlaku

LEMON POKER GAME JUDI ONLINE TERPERCAYA
MINIMUM DP 10RB / WD 50RB
EVENT HARIAN BERHADIAH FREECHIPS
PROMO
-BONUS NEW MEMBER 20% (100.000 keatas)
-BONUS DEPOSIT 10% ( 10.000 - 99.000 )
-BONUS DEPOSIT 15% (100.000 ke atas )
-DAPATKAN BONUS SETIAP DEPOSIT TANPA BATAS

bunga citra mengatakan...

Maaf kami mau bagi info dikarenakan semua permainan lengkap yg ada di DEWALOTTO dengan proses cepat dari kami semua untuk anda yuk silahkan bermain bersama kami ya yukk..PIN : 7BF59345