Header Ads


 

Isu Adanya Telur Palsu Beredar, Wilayah Medan Kondusif dan Aman


MEDAN - Terkait isu adanya telur palsu yang beredar di wilayah kota Medan, Walikota Medan Dzulmi Eldin mengimbau masyarakat untuk risau karena Kota Medan dalam kondisi kondusif dan tidak satu pun bahan pangan kebutuhan pokok yang dipalsukan atau berbahaya.

Kata Walikota Medan, berdasarkan hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Medan Nomor : PM.04.03.82.822.10.17.62 tanggal 25 Oktober 2017 menyatakan bahwa telur yang beredar luas di Kota Medan aman dari bahan-bahan membahayakan.

"Tidak ada telur palsu beredar di Medan. Tidak ada mengandung bahan plastik, karet dan bahan berbahaya boraks, formalin, metanyl yellow. BBPOM Medan memastikan peredaran telur palsu di Medan negatif,” kata Eldin, Senin (30/10/2017).

Dia mengatakan, pihaknya menyurati BBPOM Medan pada Senin (23/10/2017) untuk menyikapi isu telur palsu tersebut. Dia meminta dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap beberapa sampel telur yang diambil Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan dari beberapa pasar-pasar tradisional.

Eldin pun mengimbau masyarakat tenang dan tidak terpengaruh isu-isu tidak bertanggung jawab yang mencoba menimbulkan kegaduhan.

"Kalau ada yang mencurigakan langsung laporkan. Saya terus berkomunikasi dengan BBPOM. Sudah saya instruksikan jajaran untuk mengawasi peredaran bahan makanan di pasar tradisional dan pasar modern," sebut dia

Sementara itu Kepala BBPOM Medan Yulius Sacramento Tarigan menyatakan hasil laboratorium pihaknya valid. Tidak ada ditemukan zat berbahaya sebagaimana yang dikhawatirkan banyak pihak. Menurut dia, penemuan telur dengan kondisi tak lazim bisa disebabkan masalah yang terjadi secara alami sehingga ketika diolah kondisinya berbeda dengan telur yang dalam keadaan baik.

Sebelumnya, warga medan diramaikan oleh penemuan telur yang diduga palsu Noermansyah (52), warga Jalan Masjid, Gang Bersama Nomor 5, Kelurahan PB Selayang ll, Kecamatan Medan Selayang. Noermansyah mendapatkan telur tersebut dari istrinya yang membeli dari seorang pedagang di pasar tradisional Sembada, Jalan Padang Bulan Medan pada Minggu (15/10/2017).

"Pagi tadi, pas mau ngasih makan burung kenariku. Tak mau burung itu makan telurnya, kuningnya juga. Padahal biasanya kuning telur itu yang paling disukainya," katanya kepada wartawan pada Jumat (20/10/2017).

Melihat peliharaannya tidak mau memakan telur tersebut, diapun penasaran lalu memeriksanya. Noermansyah langsung terkejut saat mendapati telur yang sudah direbus itu kenyal seperti karet dan plastik.  "Putih sama kuningnya waktu kupegang kenyal kayak karet, padahal sudah kurebus. Makanya enggak mau dimakan burung itu," ucapnya.

Dia mengaku, anaknya yang sudah memakan telur yang dimasak istrinya sakit perut. "Enggak berani lagi kami makannya, kusimpan saja. Aku berharap polisi sama BPOM sidak ke pasar-pasar. Ini membahayakan kalau tidak diungkap, takutnya jatuh korban lain," katanya.(Kompas.com)

red/don.
Comments
2 Comments

2 komentar

shasha agatha mengatakan...

Hobi Kalian Bermain Game Kartu Online di Android / IOS Yang Bisa Menjadikan Diri Kalian Jutawan ?
Yuk Waktunya Gabung dan Daftar Sekarang Juga Bersama Kami di B-I-N-T-A-N-G-P-O-K-E-R-8-8COM
Nikmati Bonus-Bonus Berganda Yang Meliputi Bonus Rollingan Terbesar 0.8% Yang di Bagikan Per 1 minggu Sekali di Jam 10 pagi
dan Bonus Refferal Tertinggi 30% Yang di Bagikan Per 1 minngu Sekali Dengan Minimal Deposit Hanya 10 Ribu Kalian Sudah Dapat Menikmati Permainan Yang Sangat Digemari di B-I-N-T-A-N-G-P-O-K-E-RCOM
Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Langsung Menghubungi CS B-I-N-T-A-N-G P-O-K-E-R

Anonim mengatakan...

Segera daftar dan dapatkan FREECHIP 15.000 hanya di www. lemonpoker1. com
hanya dengan like dan share FANSPAGE saja sudah bisa mendapatkan FREECHIP LANGSUNG KE ID anda, buruan daftar yuk..!! tunggu apa lagi ^^
* syarat dan ketntuan berlaku

LEMON POKER GAME JUDI ONLINE TERPERCAYA
MINIMUM DP 10RB / WD 50RB
EVENT HARIAN BERHADIAH FREECHIPS
PROMO
-BONUS NEW MEMBER 20% (100.000 keatas)
-BONUS DEPOSIT 10% ( 10.000 - 99.000 )
-BONUS DEPOSIT 15% (100.000 ke atas )
-DAPATKAN BONUS SETIAP DEPOSIT TANPA BATAS