Header Ads

 

Hati-Hati, Ratusan Penderita HIV/AIDS Tersebar di Simalungun


SIMALUNGUN,Pematang Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Simalungun melalui Sekertaris Dinasnya Sarimauli Siadari menyebutkan jumlah pengidap penyakit Hiv/Aids untuk diwilayah Kabupaten Simalungun sebanyak 270 orang.

"Tercatat ada 270 orang yang tersebar di Simalungun," ungkap Sarimauli Siadari dengan didampingi Kabid Pengendalian dan Pengobatan Penyakit Hiv/Aids Sarubabel Saragih.

Ia menjelaskan, data yang dimiliki Dinas Kesehatan tersebut merupakan data bagi orang telah mau memeriksakannya sendiri. telah memeriksakan kesehatannya. Dan penyakit Hiv/Aids jug tidak serta merta dapat menular sembarangan seperti udara dan pakaian.

"Mengenai penularannya, Hiv/Aids tidak menular akan tetapi ditularkan bisa. Contohnya melalui semi seks dan melakukan hubungan intim atau seks bebas," jelasnya

Dikatakannya lagi, bahwa Dinas Kesehatan  saat ini telah mendirikan 5 posko pelayanan kesehatan sekaligus melakukan sosialisasi dibeberapa titik lokalisasi untuk mencegah penularan virus Hiv/Aids seperti Daerah Kota Perdagangan (pagok, simpang kuba, pondok akar) Bukit Maraja, Hatundohon (Aek Limau), Santun Dolok, Parapat (Gagak Hitam).

"Semua pelayanan pengobatan kesehatannya gratis. Dan bagi data-data si pengidap virus Hiv/aids itu, memang sangat kita rahasiakan.:" katanya.

Ketika disinggung APBD Pemkab Simalungun yang dianggarkan untuk melakukan sosialisasi tersebut. Sarimauli Siadari menegaskan bahwa Dinkes Simalungun tidak ada menganggarkan APBD melainkan dari donator Komisi Penanggulangan Hiv/Aids (KPA) yang bekerjsama dengan LSM untuk melakukan sosialisasi.

Salah satu sosialisasi dalam pencegahan penyalit Hiv/Aids tersebut, Dinas Kesehatan juga siap mengunjungi sekolah-sekolah tingkat SMA." Kita juga sedang menunggu melakukan pengobatan pada para korban penyakit Hiv/Aids, dan siap untuk sosialisasi ke SMA yang ada di Simalungun," pungkasnya.

Red/Dani R.
Comments
1 Comments

1 komentar

Unknown mengatakan...

Ingin mendaptkan uang tambahan dengan cepat dan gampang langsung saja kunjungi website kami di lemonpoker.com
raih ratusan ribu dan bahkan jutaan rupiah setiap hari nya!!!
Ada juga bonus deposit setiap harinya dan banyak juga hadiah event hariannya lho
PROMO RAMEPOKER :
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000,-
Proses Deposit / Withdraw Kurang Dari 2-3 Menit
Perlayanan Terbaik ( Di Layani CS Yang Ramah )
Website Online 24 Jam / Setiap Harinya
Daftarkan Sekarang Juga di : http://www.ramepoker1.com/ramepk/index.php
Pin Bbm : D1BDD245