Header Ads

 

Acara Jumat Agung, Gereja Katedral Dijaga Ketat Kepolisian

Foto : Ilustrasi/net
JAKARTA - Sebanyak 250 personil kepolisian melakukan pengamanan pasca perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral yang bertepatan dengan pelaksanaan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Dua tempat ibadah yang ada di jantung ibu kota itu berada di lokasi yang berseberangan.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Ridwan R Soplanit memprediksi puncak kedatangan massa akan terjadi pada Jumat siang. Waktu itu bertepatan dengan kedatangan jemaat di Katedral yang akan melaksanakan Jumat Agung pukul 12.00 WIB, bersamaan dengan umat Muslim yang melakukan salat Jumat di Istiqlal.

"Semua aman. Puncaknya hari ini, tapi karena libur pengalihan arus difokuskan pada jemaah Katedral dan juga pelaksanaan Jumatan yang bertepatan," kata Ridwan melalui sambungan telepon, Jumat (14/4).

Ridwan menyebut pengamanan di area tempat peribatana itu sudah berlangsung sejak Rabu. Pengamanan dibagi menjadi tiga ring yakni, pengamanan dalam, jalan raya, dan gedung-gedung sekitar Katedral.

Ridwan mengatakan pengamanan dilakukan dengan cara sterilisasi, pengawasan terhadap jemaat, patroli di ring luar gereja, dan pengalihan arus jika terdapat kemacetan.

Sementara itu, dari 148 gereja yang ada di Jakarta Pusat, pengamanan diprioritaskan pada enam gereja besar. Selain Katedral, pengamanan juga diberikan pada Gereja Immanuel, Anglican, kanisius, Theresia, dan Paulus.

"Pengamanan akan berlangsung sampai hari Minggu bertepatan dengan perayaan Paskah," ujar Ridwan.

Umat Kristiani sedunia sejak kemarin menyambut Tri Hari Suci dalam perayaan Paskah kebangkitan Yesus Kristus. Tri Hari Suci merupakan rangkaian pekan suci yang dimulai dari Minggu Palma yang dirayakan pada hari Minggu, 9 April 2017. Kemudian, Tri Hari Suci dimulai dari Kamis putih, Jumat Agung, dan Paskah.

Pada Kamis Putih, umat Kristiani memperingati Perjamuan Terakhir Yesus bersama dengan murid-murid-Nya pada malam sebelum kematian-Nya.

Jumat Agung dikenal sebagai hari Yesus disalibkan dan mati. Ini adalah hari yang paling muram dalam kalender Kristen. Pada Jumat Agung, orang Kristen menjauhkan diri dari daging atau menahan diri dari makanan sama sekali.

Adapun Paskah (Sabtu-Minggu) merupakan hari yang dikenang sebagai Puncak Keselamatan ketika Yesus bangkit di antara orang mati mengalahkan kuasa maut. Paskah melambangkan pengampunan, kelahiran kembali, dan kekuasaan Allah yang menyelamatkan.

Umat Kristen memaknai hari itu sebagai kemenangan atas dosa, kematian, dan semua kekuatan yang merusak dalam kehidupan masyarakat.

red /sumber CNN Indonesia
Comments
1 Comments

1 komentar

Anonim mengatakan...

Gabung yuk di F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G
Ini pin bbmnya 5ee80afe :D