Header Ads

 

Hore,,,Kereta Api Jurusan Binjai-Besitang Akan Segera di Aktifkan Kembali Tahun 2017

Red/ foto Ilustrasi

Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan mengatakan jalur kereta api (KA) Binjai - Besitang, Kabupaten Langkat, yang sudah lama tidak dioperasikan, kemungkinan bisa beroperasi kembali di tahun 2017 mendatang.

"Kendala yang ditemukan, sarana maupun prasarana jalur kereta, masih banyak belum siap," ujar Menteri Perhubungan saat meninjau jalur KA Binjai - Besitang, di Kota Binjai Utara, Sumatera Utara, Kamis (4/2).

Jonan mengatakan, rel kereta yang akan dioperasikan dari Binjai ke Besitang sepanjang 80 kilometer (Km). Untuk menghidupkan rel tersebut dilakukan juga pemasangan palang pintu dan sosialisasi.

"Kita juga berencana untuk menghidupkan kembali jalur kereta api
Besitang - Langsa, Aceh. Target pembangunan rel ini jika kita memiliki anggaran, diperkirakan selesai tahun 2019," katanya.

Dirjen Perkeretaapian Hendy Siswanto menambahkan, jalur pembangunan kereta Binjai - Besitang yang memakan anggaran Rp 640 miliar itu, belum beroperasi karena ada pembangunan beberapa jalur jembatan.

"Pembangunan ini diharapkan segera diselesaikan. Kita membutuhkan dukungan dari masyarakat, dan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Pelaksana tugas Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi menyampaikan, pembangunan jalur kereta itu sebagai alternatif transportasi buat masyarakat, apalagi setelah menghidupkan jalur rek Medan - Binjai dan Besitang.

"Kita dukung penuh program pembangunan dari pemerintah pusat. Pembangunan ini diharapkan dapat menghidupkan dan membangkitkan ekonomi masyarakat. Kita akan membantu proses pembebasan lahan," sebutnya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar