Header Ads

 

Alamak, KPU Sumut Coret Pasangan Bupati Simalungun "JR.Saragih dan Amran Sinaga"

 foto :int
Medanterkini.com - Komisi Pemilihan Umum( KPU) Sumatera Utara resmi mengeluarkan surat perintah dengan Nomor 2551/KPU PROV-002/12/2015 per tanggal 6 Desember 2015, langsung kepada KPU Kabupaten Simalungun untuk mencoret pasangan calon bupati-wakilnya Jopinus Ramli Saragih dan Amran Sinaga.

"Surat perintah untuk mendiskualifikasi mereka sudah ditandatangani sore tadi (kemarin)," kata Plh Ketua KPU Sumut, Yulhasni, Minggu (6/12).

Dari hasil rapat pleno KPU Sumut menyatakan  pada poin huruf A menjelaskan bahwa atas nama calon wakil bupati Simalungun atas nama Amran Sinaga Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan membatalkan pencalonan Jopinus Ramli Saragih dan Amran Sinaga.

Di surat perintah itu juga dinyatakan, dalam hal terdapat tanda coblos pada foto dan gambar JR Saragih dan Amran Sinaga, dinyatakan tidak sah.

KPPS diminta agar mengumumkan pembatalan pasangan calon sebagaimana tercantum pada huruf A dan keputusan  pada huruf C pada papan pengumuman, serta mengingatkan hal tersebut kepada pemilih secara berkala pada hari pemungutan suara.

Sedangkan yang terakhir, huruf F, agar KPU Simalungun berkoordinasi dengan Panwaslih dan Pihak Kepolisian dalam pelaksanaan langkah-langkah tersebut dalam huruf A sampai dengan huruf E.

"Kami juga memerintahkan agar KPU Simalungun memberikan laporan  pada kesempatan pertama pada KPU Sumut untuk setiap tahapan dan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam menindaklanjuti surat dari KPU RI," ujarnya.

Kasus ini terkait dengan status Amran Sinaga, yang berdasar putusan kMahkamah Agung (MA) Nomor 194.K/Pid.Sus/2012 tertanggal 22 September 2014, mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Simalungun.

‎Amran saat menjabat Kepala Dinas Kehutanan Simalungun, terbukti menyuruh atau melakukan menerbitkan izin tidak sesuai dengan rencana tata ruang. Menjatuhkan putusan terhadap terdakwa Amran Sinaga dengan hukuman selama 4 tahun penjara.

Terkait dengan pencoretan pasangan yang diusung Partai Demokrat ini, kemarin ribuan massa pendung JR Saragih-Amran menggelar aksi demo dan terlibat bentrok dengan aparat keamanan.(Sumber JPNN.com)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar